Home / Natuna News / Wafatnya Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Natuna

Wafatnya Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Natuna

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Natuna, H. Darmansyah, SH. MH. / Kamis malam 24 April 2014 tepatnya pukul 19.30 WIB berpulang ke Rahmatullah. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Jakarta. Almarhum meninggalkan seorang istri, 2 (dua) orang anak dan 2 (dua) orang cucu.

Pada hari Jumat 25 April 2014, setelah melalui prosesi pemandian jenazah dan sholat jenazah di Jakarta, siangnya Jenazah beserta rombongan keluarga terbang dari Bandara Halim Perdana Kusuma menuju Bandara Lanud Ranai dengan menggunakan pesawat carteran, dikarenakan pada kondisi hari itu, tidak ada penerbangan yang regular dari dan atau ke Ranai (Natuna).

Setibanya di Bandara Lanud Ranai, sekitar pukul 16.30 WIB, jenazah selanjutnya dibawa ke rumah duka, Jalan Soekarno Hatta – Ranai dan disambut haru oleh ibu almarhum beserta para keluarga, dan sanak kerabat. Tidak ketinggalan pada saat itu pula almarhum disambut para Pejabat (Bupati Natuna, Sekda, Kepala Dinas/Instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, kalangan Anggota DPRD, Instansi Vertikal, para Staf/Pegawai dan masyarakat pada umumnya, yang dari hari Kamis malam sudah mulai berdatangan ke rumah duka untuk menyampaikan do’a dan berbela sungkawa.

Setelah dari rumah duka, jenazah selanjutnya dibawa ke Masjid Jami’ – Ranai untuk disholatkan sebelum dibawa ke pemakaman. Jenazah di makamkan di TPU Taman Bahagia – Ranai.

Sebagaimana halnya di rumah duka, para pelayat ikut serta menghantarkan jenazah almarhum sampai ke peristirahatannya yang terakhir (pemakaman).

Natuna Kehilangan Salah Satu Putera Terbaiknya.

H. Darmansyah, SH. MH sebagai Putra Natuna asli, lahir di Serasan pada tanggal 05 November 1963, merupakan sosok yang sangat dikenal luas oleh seluruh masyarakat Kabupaten Natuna, tidak saja dari kalangan Pemerintah, tetapi juga dari warga masyarakat pada umumnya, bahkan sampai ke penjuru pelosok desa.

H. Darmansyah, SH. MH. yang akrab disapa bang Darman, dikenal memiliki sosok yang berjiwa sosial tinggi, ramah dan sangat supel (bergaul, disamping sosoknya yang dikenal memiliki jiwa tegas dan tanggap dalam bersikap.

Selain itu almarhum juga dikenal gemar berolahraga. Salah satu olah raga favoritnya adalah tenis.

Kabar duka atas kepergian beliau, segera menyebar di kalangan keluarga, kerabat dan masyarakat Kabupaten Natuna. Baik melalui pesan singkat (SMS / BBM), Telepon dan menyebar dari mulut ke mulut. Sontak membuat masyarakat Kabupaten Natuna sangat terkejut dan sempat bertanya-tanya atas kepastian meninggalnya almarhum. Hal ini mengingat beberapa waktu sebelumnya, almarhum dalam kondisi yang sehat-sehat saja.

Tak heran, dari hari Kamis malam, Jumat pagi dan sampai sore harinya di pemakaman begitu banyak warga masyarakat yang terlihat sangat antusias mengantar kepergian almarhum. Tidak hanya dari kalangan muslim tetapi juga non muslim yang merupakan bagian dari masyarakat yang ada di Kabupaten Natuna.

Kecintaan masyarakat kepada almarhum juga terlihat dari acara tahlilan (do’a) yang digelar keluarga di rumah duka, dimana acara tersebut tetap ramai dikunjungi keluarga, kerabat, dan masyarakat umum. Acara tahlilan (do’a) digelar setiap malam selama 7 (tujuh) hari berturut-turut.

Meniti Karir dari Bawah

H. Darmansyah, SH. MH. memulai karir PNS-nya dari golongan II.a (Pengatur Muda).

Sebelum terbentuknya Kabupaten Natuna, almarhum yang memulai karir sebagai Pegawai Negeri, pada tahun 1986 sebagai staf di Kecamatan Bunguran Timur – Ranai.

Ketika Kabupaten Natuna terbentuk pada tahun 1999, beliau kemudian pindah tugas pada Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna.

Dalam karir selanjutnya almarhum sempat menduduki posisi Kepala Sub Bagian Perlengkapan dan menjadi Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Kabupaten Natuna.

Sebagaimana halnya yang sering terjadi di kalangan PNS, yaitu terjadinya mutasi jabatan. Hal ini juga pernah menimpa almarhum. Beliau pernah mengalami mutasi pada esselon yang sama dari Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan menjadi Kepala Bagian Humas.

Tidak lama menduduki posisi Kepala Bagian Humas, pada tahun 2012 almarhum dipromosikan menjadi Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Natuna.

Kini, sosok yang mempunyai impian untuk memajukan pertanian dan peternakan di Kabupaten Natuna, agar masyarakatnya dapat hidup lebih sejahtera, telah pergi meninggalkan kita untuk selama-lamanya. Namun cita-cita dan impian beliau kiranya dapat terus hidup di hati sanubari dan langkah gerak kita, sehingga cita-cita mulia beliau untuk meningkatkan pembangunan di sektor pertanian dan peternakan negeri ini dapat kita teruskan, sehingga masyarakat Kabupaten Natuna (khususnya) dapat hidup lebih makmur dan sejahtera.

SELAMAT JALAN Bang DARMAN…SEMOGA ALLAH SWT MENERIMA DAN MENEMPATKAN DIRI-MU DI TEMPAT YANG LAYAK DI SISI-NYA…aamiin ya robbal alamin.

(Ditulis oleh : HASTUTI, SH. MAP – Kabid. Kominfo)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Keluar Sebagai Transparansi Pengelolaan Keuangan Terbaik

NATUNA – Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Prof. Panut Mulyono, Kamis, ...