Home / Natuna News / Bertindak Selaku Inspektur Upacara, Menteri Dalam Negeri : Mari Memaknai Indonesia Dari Perbatasan

Bertindak Selaku Inspektur Upacara, Menteri Dalam Negeri : Mari Memaknai Indonesia Dari Perbatasan

(wartaKominfo) – Kamis, 17 Agustus 2023, Upacara Bendera Provinsi Kepulauan Riau untuk pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Natuna, dan bertindak selaku Inspektur upacara Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, yang digelar di lapangan utama pantai Piwang.

Acara tersebut dihadiri oleh, Gubernur Kepulauan Riau beserta rombongan, Bupati dan Wakil Bupati Natuna serta forkopimda dan lembaga vertikal daerah, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Acara diawal dengan peringatan detik detik proklamasi yang diperingati serentak seluruh Indonesia, diikuti dengan pembacaan oleh teks proklamasi. Dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh 33 pasukan pengibar bendera provinsi kepulauan riau.

Dalam konfrensi persnya Tito Karnavian menyampaikan sebagai wilayah perbatasan jiwa nasionalisme harus terus ditanamkan, serta diwujudkan dalam penerapan sikap sehari hari.

 

“Tentunya saya mengajak kita menemukan definisi kita masing masing tentang arti kemerdekaan. Merdeka artinya seluruh rakyat dapat menikmati pembangunan dan hidup dalam kesejahteraan. Sebagai salah satu daerah terluar kabupaten Natuna menjadi perhatian khusus pemerintah pusat. Sehingga masih kita bangun sinergi ini lebih baik antara pemerintah pusat, Provinsi hingga pemerintah daerah” Jelas Tito Karnavian.

Acara Upacara kemerdekaan juga ditandai dengan penyerahan penghargaan kepada Dinas dan Forkopimda berprestasi serta penyerahan bendera dalam gerakan 10 juta bendera bendera merah putih.

Pada kesempatan tersebut juga ditampilkan paduan suara, drum band dan tarian masal yang diberi nama “Natuna Berzapin” yang ditarikan ratusan penari yang berasal dari pelajar dan komunitas kepri.

Agenda kemendagri dan Gubernur Kepri akan dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera dan malam perayaan kemerdekaan yang merupakan rangkaian acara peringatan HUT Ke 78 RI Provinsi Kepulauan Riau di Kabupaten Natuna.

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Pemda Gelar Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Sistem Mutu Produk untuk Pelaku IKM Natuna

(wartaKominfo) – Dalam rangka memfasilitasi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dalam mengembangkan ...