Home / Natuna News / Bupati Pimpin Rapat Virtual Pencegahan Pengeboman Ikan di Kecamatan Midai

Bupati Pimpin Rapat Virtual Pencegahan Pengeboman Ikan di Kecamatan Midai

(wartKominfo) –  Kamis, 26 Januari 2023 Bupati Natuna menggelar Rapat Pencegahan Pengeboman Ikan di Kecamatan Midai dan Suak Midai secara virtual bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Bupati Natuna.

Mengingat sekitaran laut Midai dan Suak Midai kerap  terjadi pengangkapan ikan menggunakan metode pengeboman ini jelas melanggar hukum.

Dalam rapat kali ini Bupati berharap agar para Unsur Pimpinan Kecamatan untuk saling berkoordinasi terutama dalam upaya pencegahan terjadinya pengeboman ikan di laut Midai dan sekitarnya. “Jika terdapat indikasi, kepada camat segera untuk langsung melaporkan kepada pihak berwajib, baik Kapolsek, Danramil maupun Dan Posal,” terang Bupati.

Selanjutnya Bupati juga menghimbau kepada Camat untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya pengeboman ikan yang akan berdampak negatif, terutama menyebabkan kerusakan terumbu karang sebagai habitat ikan dan juga agar masyarakat tidak bertindak main hakim sendiri yang hanya akan menyebabkan kondisi sosial semakin memburuk, serta pelanggaran hukum yang tidak diinginkan.

Dalam kesempatan yang sama Camat Midai, Edra Zulhendriadi juga melaporkan bahwa ketika pihak kecamatan mendapakan informasi dari masyarakat bahwa terdapat indikasi percobaan pengeboman ikan, pihaknya langsung melaporkan kepada pihak berwajib yang kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan penangkapan terhadap pelaku.

Dari sisi penegakan hukum Kajari Natuna, Imam SM Sidabutar menuturkan terkait penanganan pengeboman ikan, Camat selaku pimpinan Wilayah dapat berkoordinasi dengan penegak hukum setempat. Selain itu, Imam juga menyarankan agar penindakan mendapatkan payung hukum yang jelas, hendaknya upaya penindakan dan pencegahan tersebut dapat diambil melalui kebijakan Peraturan Bupati Natuna.

Kapolres Natuna, Nanang Budi Santosa menyampaikan  bahwa terdapat keterbatasan fasilitas dan sarana pendukung penindakan atas pelanggaran hukum tersebut. Namun demikian dirinya juga berharap agar masyarakat dapat membangun komunikasi yang baik dengan Polsek setempat, sehingga penindakan dapat berjalan lebih tepat sasaran.

Dikutip dari rilis prokopim turut hadir beberapa pejabat daerah yang mendampingi Bupati Natuna, diantaranya Sekretaris Daerah dan Kepala Bakesbangpolda, Ka. Satpol pp, Kepala Dinas Perikanan,  serta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Natuna

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Isi Kuliah Subuh, Wakil Bupati Natuna Tekankan Pentingnya Shalat

(wartaKominfo) – Salah satu pelaksanaan visi misi Bupati dan Wakil Natuna saat ...