web site hit counter
Home / Natuna News / Disdukcapil Natuna Terapkan Pelayanan Administrasi Kependudukan “Online” Selama Pandemi

Disdukcapil Natuna Terapkan Pelayanan Administrasi Kependudukan “Online” Selama Pandemi

Tgl Rilis: Wednesday, 6 May 2020 | 17:10

(WartaKominfo) – Dalam rangka mencegah penularan virus covid-19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Natuna melakukan pembatasan pelayanan tatap muka dan menganjurkan pelayanan secara online.

Kepala Dinas Dukcapil Natuna, Ilham Kauli mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan berdasarkan arahan Kementerian, Gubernur, dan Bupati terkait menjaga jarak dan tidak berkerumun (phisycal distancing).

Sesuai arahan dari Kementerian, Gubernur, dan Bupati terkait upaya pencegahan penularan covid-19. Kami telah memberikan himbauan melalui RRI maupun media sosial untuk masyarakat agar melakukan kepengurusan secara daring (online)” tutur Ilham kepada pewarta Komuinfo. Rabu, (06/05).

Ilham menambahkan, pihaknya telah menyampaikan informasi terkait pelayanan secara masif kemasyarakat. Baik itu menampilkan himbauan melalui runing text dipintu Kantor, Stand Banner. Bahkan Disdukcapil juga telah membentangkan spanduknya sampai ke Kecamatan hingga Desa-Desa.

Bahwasanya meskipun dalam kondisi seperti ini, seluruh masyarakat masih bisa mendapatkan pelayanan yaitu secara online dengan cara mengirimkan permohonan dan dokumen melalui whatsapp.” tambah nya.

Meskipun demikian, ketika masyarakat tetap meminta pelayanan dengan cara tatap muka, Disdukcapil masih melayani dari jam 08:00 s.d 13.30 dengan tetap melaksanakan pelayanan sesuai protokol kesehatan.

Lewat dari jam tersebut pelayanan dilakukan secara online. Kami menyediakan beberapa tempat cuci tangan serta sabun didepan kantor. Selain itu, msayarakat diberi syarat untuk menggunakan masker saat datang kekantor” tegas nya.

Sejauh ini, Ilham menjelaskan bahwa pelayanan administrasi kependudukan oleh Disdukcapil berjalan lancar dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Terkait hal tersebut pihaknya juga melakukan pengecekan suhu tubuh kepada masyarakat yang datang kekantornya, jika didapati masyarakat dengan suhu tubuh diatas 37 maka dianjurkan untuk pulang dan melakukan cek kesehatan di puskesmas terdekat.

Bahkan sebelumnya Disdukcapil juga membagikan masker kepada masyarakat yang datang untuk mengurus administrasi kependudukan, namun saat ini sudah tidak lagi disebakan oleh stok masker yang dimilikinya terbatas.

Kemarin kami mendapat bantuan masker dar Tim Penggerak PKK Kabupaten alhamdulillah kami bisa membagikan masker kepada masyarakat yang datang. Kami berharap ada bantuan masker lagi untuk kami” jelas Ilham.

Karena dalam melayani masyarakat kami juga butuh masker, kami juga berada digarda terdepan” sambung Ilham.

Terakhir, Ilham berharap masyarakat mau menjalankan pola hidup yang sehat, tetap berada dirumah dengan memanfaatkan pelayanan online jika tidak mendesak untuk mengurus suatu hal secara tatap muka langsung.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Seorang Dokter di RSUD Natuna Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

(wartaKominfo) – Seorang dokter yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ...