web site hit counter
Home / Natuna News / Pormats IV dibuka, Sekda Harap Orang Tua Fokus Bekali Anak Dengan Nilai Agama

Pormats IV dibuka, Sekda Harap Orang Tua Fokus Bekali Anak Dengan Nilai Agama

Tgl Rilis: Kamis, 24 Oktober 2019 | 20:53

Senin(21/10) malam, Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna,  Wan Siswandi didampingi ketua beserta beberapa anggota DPRD,  dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah menyambangi Desa Mekar Jaya Kecamatan Bunguran Barat sempena membuka secara resmi Pekan Orientasi Madrasah Tsanawiyah yang di gelar di Madrasah Miftahunnajah,  Dusun I Air Batang Desa Mekar Jaya Selain itu tampak hadir perwakilan dari Lanud Raden Sadjad Ranai,  Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Natuna,  Kepala Sekolah MTs se Kabupaten Natuna dan Kepala Desa se Kecamatan Bunguran Barat. Kegiatan ini mengusung Tema ‘Mengembangkan sikap inovatif, kreatif,  sportif dan rasa kebersamaan, dalam mewujudkan madrasah hebat dan bermartabat

Dalam Sambutannya,  Wan Siswandi mengungkapkan bahwa dalam kegiatan ini terkandung nilai kompetensi,  keagamaan dan silaturrahmi,  dimana tiga hal ini hendaknya menjadi pijakan dalam mewujudkan sumberdaya berkarakter dan selalu berpegang teguh pada akidah yang diharapkan menjadi modal utama penggerak pembangunan masa depan. Dahulu pemikiran orang tua cenderung menyekolahkan anaknya di sekolah umum, sedangkan madrasah menjadi sekolah yang terkesan tidak populer.   Namun tidak sedikit para pejabat maupun orang orang yang memiliki peran penting dalam pembangunan,  memiliki latar belakang pendidikan sekolah berbasis agama seperti madrasah atau pesantren. Oleh karenanya orang tua harus bijak menyikapi kondisi saat ini,  dimana bekal utama dalam mempersiapkan tunas muda yang utama adalah bekal nilai agama yang nantinya akanmenjadi benteng diri dalam menyikapi  pengaruh negatif kemajuan yang sedang terjadi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Natuna, Ahmad Husin menerangkan bahwa  kegiatan yang diselenggarakan dua tahun sekali,  melibatkan seluruh MTs yang ada di Kabupaten Natuna ini digelar untuk menjaring potensi baru baik dibidang agama,  ilmu pengetahuan maupun olahraga. Selanjutnya para pelajar yang berhasil mengukir prestasi akan diberikan peluang untuk bertanding baik ditingkat kabupaten,  provinsi maupun nasional.  Bukan tidak mungkin bibit potensi ini dapat mengharumkan nama daerah. Ahmad Husin juga menambahkan bahwa beberapa kali siswa madrasah asal Natuna berhasil mengukir prestasi pada ajang Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional yang digelar di Manado dan Bengkulu.

Hal tersebut membuktikan bahwa pelajar madrasah di Kabupaten Natuna memiliki potensi besar pada berbagai bidang,  namun membutuhkan media kompetisi maupun pembinaan yang dilakukan secara fokus dan berkelanjutan. Untuk itu,  dukungan sangat diharapkan baik dari pemerintah daerah maupun segenap masyarakat,  sehingga melalui Penyelenggaraan Pormats,  terlahir bibit potensial bagi mengharumkan nama daerah.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Harjono melaporkan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Natuna,  Pemerintah Daerah,  pihak Madrasah Tsanwiyah peserta kegiatan serta donatur lainnya.

Adapun peserta yang ikut dalam kegiatan ini berasal dari 14  MTs dari seluruh kecamatandan berbagai unsur,  diadakan dua tahun sekali dan MTs yang ada di Kabupaten Natuna. Adapun cabang  yang diperlombakan terdiri dari dua bidang,  yaitu bidang keagamaan terdiri dari cabang Tilawah,  syarhil dan Hifzil Quran.  Sedangkan bidang olah raga terdiri dari Cabang Bola kaki,  Volly Putra dan putri,  sepak takraw dan tenis meja.  Selain itu juga diselenggarakan lomba Gurindam,  Cerdas Cermat dan Pawai. (Humas_Pro/red/Ery)

RILIS PERS, Nomor : 997 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna Hadiri Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Demi terciptanya peningkatan layanan publik, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian ditingkat Nasional ...