Home / Natuna News / Pengurus Geopark Kabupaten Natuna Ikuti Rakornas Geopark Tahun 2023

Pengurus Geopark Kabupaten Natuna Ikuti Rakornas Geopark Tahun 2023

(Wartakominfo) Senin, 20 November 2023, Pengurus Geopark Natuna menghadiri acara Rakornas geopark tahun 2023 yang digelar

oleh Kementerian PPN/BAPPENAS selaku ketua komisi perencanaan dalam Komite Nasional Geopark Indonesia. Rakornas tersebut digelar dari tanggal 19 November hingga 22 November, dikawasan Geopark Silokek, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

Rakornas tersebut bakal diikuti 23 kementerian/lembaga, 11 unsur pemerintah daerah, 10 Badan Pengelola Unesco Global Geopark (BP UGGp) serta sembilan BP Geopark Nasional. Kemudian diikuti juga oleh 16 pakar, akademisi dan asosiasi profesi juga akan menghadiri Rakor tersebut.

Acara diawali dengan Gala dinner dan penyambutan peserta rapat kordinasi nasional (rakornas) Geopark Indonesia di rumah dinas Bupati Sijunjung sukses dilaksanakan pada Minggu malam, yang dihadiri oleh deputi bidang kemaritiman dan sumber daya alam Vivi Yulaswati, Ketua Dewan Pakai KNGI Mega F Rosana.

Dilanjutkan pada hari kedua, Senin 20 November 2023 , dengan registrasi peserta, pembukaan, penyampaian materi, dilanjutkan dengan diskusi dan workshop. Sementara itu, pada hari Selasa, peserta menikmati Amazing Field Trip yang dibagi ke beberapa tempat objek wisata kebanggaan Sijunjung diantaranya Geopark Silokek, Jambu Lipo, Air Terjun Batang Taye, Arum Jeram, Ngalau Talago dan diakhiri dengan makan bajamba di Balairung serta penutupan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muaro Sijunjung.

Perwakilan Geopark Natuna dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, juga menjabat sebagai Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Natuna, IKHWAN SOLIHIN, SE, MA, Sekretaris Pengelola Geopark Kabupaten Natuna,TUKINO, SP, dan Ketua Natuna Geopark Youth Form, RYANNALDO, ST.

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, juga menjabat sebagai Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Natuna, Ikhwan Solihin yang turut serta dalam rakornas tersebut menyampaikan ada beberapa hal yang akan dibahas dalam rakornas tersebut, diantaranya :

1. Integrasi pengembangan Geopark dalam Pembangunan Daerah dan Penganggaran Daerah

2. Perencanaan dalam Pengembangan World class Geopark

3. Pengawasan Penganggaran Pembangunan di Bidang Geopark

4. Best Practice Pengelolaan Geopark

Melalui Rakornas tersebut, diharapkan tersusun program kerja tahun 2024 yang memainkan peran krusial guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, Sustainable Development Goals (SDGs). Sekaligus

Dskominfo/Patli

x

Check Also

Pertemuan Koordinasi dan Advokasi Integrasi Layanan Primer (ILP) Pemerintah Kabupaten Natuna

(wartaKominfo) – Jum’at 1 Maret 2024. Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas kesehatan ...