Home / Natuna News / Bupati Himbau Umat Muslim Tingkatkan Peran dalam Pembangunan

Bupati Himbau Umat Muslim Tingkatkan Peran dalam Pembangunan

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal menghadiri Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 Hijriyah/2018 Masehi yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam Kabupaten Natuna, bertempat di Masjid Agung Natuna, Ranai, jum’at (13/4) malam.

 Kegiatan dihadiri pula oleh beberapa Anggota DPRD Kabupaten Natuna, Sekretaris Daerah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Natuna, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah beserta jajarannya, Ketua Lembaga Adat Melayu, tokoh masyarakat dan para jema’ah.

Hamid Rizal dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini kondisi umat mengalami penurunan rasa kepedulian terhadap sesama, rasa persaudaraan yang semakin berkurang serta pengikisan norma-norma agama yang disebabkan pengaruh negatif dari kemajuan pembangunan.

Hal ini harus disikapi secara bijak sana karena sangat disayangkan mengingat jumlah umat muslim yang dominan namun belum mampu membendung perubahan negatif dalam tatanan sosial serta belum mampu secara maksimal berperan dalam pembangunan.

Untuk itu, Melalui peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Hamid Rizal menghimbau kepada seluruh Kaum Muslim khususnya di Kabupaten Natuna agar dapat kembali menjalankan, memelihara nilai-nilai suci yang diajarkan dalam Agama Islam, menjaga kualitas keimanan sekaligus kompetensi diri, agar dapat meningkatkan perannya dalam pergaulan bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara.

Hal ini menjadi penting, mengingat Kabupaten Natuna sedang berupaya menyelenggarakan percepatan pembangunan disegala bidang, dimana peran umat sebagai filter pengaruh negatif sangat dibutuhkan agar jalannya pembangunan dapat beriringan dengan upaya pemeliharaan nilai-nilai Islam sebagai jati diri umat muslim di Kabupaten Natuna.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Besar Islam Kabupaten Natuna yang diwakili Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Syarifuddin mengatakan bahwa peringatan Isra’ Mi’raj ini merupakan salah satu wujud kecintaan umatnya kepada sang pencipta dan Nabi Muhammad SAW.

Untuk itu, PHBI akan terus berupaya menyelenggarakan kegiatan ini dengan tujuan membangun ukhuwah islamiyah, menjadi sebuah momentum bagi meningkatkan kualitas keimanan umat sekaligus media silaturrahmi.

Kegiatan tersebut menghadirkan Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kepulauan Riau, Bambang Waryono yang menyampaikan tausiyah tentang intisari peristiwa Isra’ Mi’raj, yaitu proses penerimaan perintah Shalat wajib lima waktu bagi seluruh kaum muslim.

Menurut Bambang Waryono, terdapat empat tips untuk memakmurkan masjid, yaitu tersedianya fasilitas pendukung ibadah yang lengkap, petugas kumandang azan yang memiliki suara yang bagus dan menggugah, imam yang bijaksana dan makmum yang pengertian.

(Humas_Pro/Zq/Alex)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemkab Natuna Ambil Langkah Stabilkan Potensi Perikanan Untuk Dongkrak Sektor Industri Rumahan

Kondisi harga ikan dipasaran saat ini bersifat tidak menentu, tergantung cuaca dan ...