Home / Natuna News / Bupati Natuna Hadiri Rakor Survei Penilaian Integritas (SPI) di Gedung Merah Putih KPK

Bupati Natuna Hadiri Rakor Survei Penilaian Integritas (SPI) di Gedung Merah Putih KPK

(wartaKominfo) – Bupati Natuna, Wan Siswandi didampingi Sekretaris Daerah, Boy Wijanarko menghadiri pemantauan tindak lanjut hasil survei penilaian integritas (SPI)

Tahun 2022 yang diadakan di Gedung Merah Putih. Rabu, 23 Agustus 2023.

SPI dikembangkan oleh KPK sebagai alat untuk mengenal risiko korupsi pada instansi atau kantor pemerintah. Ada dua penilaian yang dilakukan yaitu internal dan eksternal.

Penilaian internal menyangkut tujuh dimensi, yaitu transparansi, integritas dalam pelaksanaan tugas, perdagangan pengaruh (trading in influence), pengelolaan anggaran, pengelolaan pengadaan barang dan jasa, pengelolaan SDM, dan sosialisasi antikorupsi.

Sementara itu, penilaian eksternal meliputi transparansi dan keadilan layanan, upaya pencegahan korupsi, dan integritas pegawai.

Dalam keterangannya Bupati menyampaikan dari hasil Survei tersebut yang dilaksanakan pada tahun 2022, Pemda Natuna mendapatkan nilai 75,36 point. Dirinya berharap ada peningkatan nilai dari SPI pada tahun 2023 ini.

“Kabupaten Natuna sudah melaksanakan SPI dari tahun 2020 melalui kerja sama dengan BPK RI. Dalam kerjasama tersebut, pemerintah daerah Natuna meyiapkan data internal OPD dan Eksternal berupa penguna layanan pemerintah maupun data eksper atau tenaga ahli yang selalu berhubungan dengan pemerintah daerah,” terang Siswandi

Lebih lanjut Bupati menyampaikan Pemda Natuna bersyukur dengan adanya SPI. Karena hasilnya untuk rekomendasi kami untuk perbaikan tata kelola pemerintahan secara umum. Dan khususnya untuk pencegahan tindak pidana korporasi agar tidak terjadi.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se-provinsi Kepri ini dihadiri oleh Direktur Korsupgah wilayah 1 dan tim SPI yang merupakan bentukan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebagai penutup Bupati berpesan ‘Berani jujur itu hebat’ jangan hanya slogan saja, tapi harus dapat diaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Rayakan Hari Guru, DPC Perkumpulan Penyelenggara PAUD Kab. Natuna Gelar Lomba Kreativitas dan Sosialisasi

(WartaKominfo) –¬†Selasa (28/11), Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional tahun 2023 yang ...