Home / Natuna News / Bupati Natuna Pimpin Rapat Khusus Pengkajian Pasca Bencana (JITUPASNA) Longsor Serasan

Bupati Natuna Pimpin Rapat Khusus Pengkajian Pasca Bencana (JITUPASNA) Longsor Serasan

(wartaKominfo) – Sabtu, 25 Maret 2023, Pemerintah Kabupaten Natuna gelar rapat khusus Pengkajian pasca bencana longsor Serasan, yang di pimpin langsung oleh Bupati Natuna didampingi oleh Wakil Bupati Natuna.

Dalam sambutanya Bupati Natuna menyampaikan, bahwa rapat ini merupakan tindaklanjut penangan bencana serasan, dalam rapat ini secara khusus membahas terkait validasi data dan pertanggung jawaban terkait pengelolaan dana bantuan yang masuk baik dari pusat,provinsi, daerah maupun lembaga tertentu dan relawan.

“Jadi pada saat ini kita akan membahasakan data yang valid untuk kemudian melakukan manajemen penanganan pasca bencana. Baik itu dalam memberikan santunan kepada korban yang terdampak, juga dalam tindak lanjut relokasi rumah bagi korban yang terdampak” Jelas Wan Siswandi

Wan Siswandi juga menyampaikan bagaimana pihak yang ditunjuk untuk bertanggung jawab dalam pengelolaan dana bantuan dapat mencatat secara rinci dan melaporkan secara terbuka penggunaan dana bantuan. Sehingga transparansi pengelolaan dana bentuk dapat di ketahui oleh masyarakat.

Dalam Rapat tersebut juga hadir, Kepala BPBD Kepulauan Riau, muhamad Hasbi menyampaikan kaji hitung pasca bencana adalah tanggung jawab multisektor dalam menjadi dasar pemulihan pasca bencana serasan.

“Mengingat penangan bencana ini adalah tanggungjawab multisektor al, sehingga penting bagi pemerintah daerah untuk melakukan kebijakan dalam cluster. Sehingga ketika ada bencana masing masing OPD yang bertanggung jawab sudah memahami dan bekerja sesuai fungsi yang telah ditunjuk” Jelas Muhamad Hasbi

Lebih lanjut Muhamad Hasbi menyampaikan tahapan tanggap darurat adalah tindakan sementara, sedangkan manajemen pasca bencana adalah pertanggungjawabkan jangka panjang. Sehingga setiap kegiatan yang dilakukan dalam penanganan bencana harus tercatat dan memiliki bukti fisik secara data.

Sekda Natuna, Boy Wijanarko menyampaikan pengiriman logistik pembangunan dalam perjalanan menggunakan KRI. Untuk tahap awal akan dibangun 100 rumah di tahap satu, lalu akan dilanjutkan dengan sisanya akan dibangun di tahap ke dua.

Bupati Natuna menyampaikan tekait seluruh bantuan yang masuk akan segera didata dan di kelola secara transparansi sehingga penggunaan jelas dan ketahui oleh Publik. Untuk pemberian bantuan rumah rusak wilayah serasan 34 rumah dan serasan timur 10 rumah. Dengan total jumlah korban meninggal 54 korban.

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Meriahkan HUT WIDAMSAR, Sekda Natuna Ikuti Senam Bersama Masyarakat Natuna

(wartaKominfo) – Usai menghibur masyarakat Natuna dengan mendatangkan artis Ibukota pada Sabtu, ...