Home / Natuna News / Dinkes Natuna Sosialisasi Pembuatan Disinfektan

Dinkes Natuna Sosialisasi Pembuatan Disinfektan

(wartaKominfo) – Dalam rangka pencegahan penularan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna mengadakan sosialisasi pembuatan sekaligus penyemprotan Disinfektan. Senin, (23/03) di Halaman Kantor Bupati Natuna.

Selain diberitahu cara pembuatan disinfektan dengan menggunakan bahan sederhana yang mudah didapatkan, jajaran OPD di lingkungan Perkantoran Bupati Natuna dalam sosialisasi tersebut juga dibekali pengetahuan tindakan disinfeksi secara benar dan efektif terhadap ruang dan permukaan barang yang sering tersentuh orang banyak.

Kepala Dinas Kesehatan, Rizal Rinaldy mengatakan bahwa telah banyak yang menanyakan dan menantikan sosialisasi serta penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor. “Sudah banyak yang bertanya, kapan sih di lingkungan kantor, dilakukan sosialisasi sekaligus penyemprotan disinfektan dan segala macam” ucap Rinaldy

Ia juga mengatakan, berhubung disinfektan kini mulai langka, masyarakat diharapkan dapat membuatnya sendiri dirumah masing-masing dengan menggunakan bahan yang sederhana. “Jadi saat ini kita akan coba sosialisasi tentang cara pembuatan cairan disinfektan ini agar nanti kita bisa membuat dirumah maisng-masing dengan cara yang sederhana” ujar nya.

Bagi yang tidak mendapatkan disinfektan di toko-toko kimia tak perlu khawatir, karena sekarang bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun mudah di peroleh” lanjut nya.

Ivan, pemandu pembuatan disinfektan mengatakan, bahan sederhana yang dimaksud adalah bahan pembersih lantai Wipol, SOS, dan pemutih Bayclin. Caranya adalah, campurkan satu liter air dengan dua tutup botol wipol sos dan bayclin tersebut. Lalu, masukan daalm botol kispray atau yang menyerupai.

Ia memperingatkan untuk tidak mengaduk dengan tangan sendiri, melainkan dapat menggunakan kayu atau sendok, untuk menghindari iritasi.

Semua peserta sosialisasi tersebut diharapkan untuk segera membuat dan menyemprotkan disinfektan tersebut pada area yang sering disentuh orang, yakni pegangan pintu rumah, pintu mobil, dan lainnnya. “Demikian agar dapat dipraktekkan dirumah dan jangan lupa untuk mencuci tangan dengan benar” pungkas Rinaldy.

Usai sosialisasi, dilakukan penyemprotan yang pertama yakni diruangan Bupati Natuna oleh Bupati, didampingi Wakil Bupati, Sekda, Kapolres Natuna, Kepala Dinas Kesehatan diikuti dengan penyemprotan area lainnya.

(Diskominfo/Fera)

x

Check Also

Bupati Natuna dan Ketua PKK Natuna Lantik Ketua TP. PKK Kecamatan Bunguran Timur Laut .

(wartaKominfo) – Kamis 30 Juni 2022, Ketua PKK Kabupaten Natuna Secara Resmi ...