web site hit counter
Home / Natuna News / Disparbud Kabupaten Natuna Kembali Akan Gelar Event Tahunan Wisata Bahari

Disparbud Kabupaten Natuna Kembali Akan Gelar Event Tahunan Wisata Bahari

WartaKominfo _ Dalam upaya promosi wisata Natuna, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Natuna Kembali akan mengadakan event-event besar Wisata Bahari di bulan Juni 2019, yang akan menjadi perhatian khusus dalam dunia pariwisata Kabupaten Natuna. Hal itu tampak dengan telah dilaksanakannya rapat tahap awal persiapan pelaksanaan wisata bahari 2019 di Ruang Rapat Sapta Pesona Disparbud Kabupaten Natuna, Selasa (30/04).

Sebagaimana telah menjadi Event Tahunan, ada 2 event yang akan diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna di Bulan Juni nanti, yaitu Yacht Rally Sail to Natuna yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 s/d 15 Juni 2019, dan Festival Pulau yang akan diselenggarakan pada tanggal 16 Juni 2019.

Pada Festival Pulau Senua, ada 10 cabang perlombaan yang akan dilaksanakan diantaranya Lomba Renang, Lomba Kolek, Lomba Volly Pantai, Lomba Kuliner, Lomba Tarik Tambang, Lomba Fashion Show, Lomba Balap Karung, Berbalas Pantun, Lomba Diving dan Lomba Bercerita.

Dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan acara nantinya, point yang paling penting yang harus lebih diperhatikan dan menjadi topik utama dalam rapat tersebut adalah dari sisi keamanan.

Kabid pemasaran Disparbud Kabupaten Natuna Toni Yulifandry memaparkan akan ada perubahan teknis pengamanan pada event Festival Pulau Senua khususnya pada dermaga turun naik tamu VIP, dimana dermaga untuk tamu VIP harus dipisahkan dengan dermaga turun naik pengunjung.

“Belajar dari pengalaman pada event tahun lalu, memang ada sedikit kendala dimana jalur turun naik tamu VIP dan pengunjung itu sama, jadi agak sedikit kerepotan disitu. Akan ada 3 titik pusat pengamanan untuk festival pulau semua, yaitu dermaga Teluk Baruk, Area jalur pelabuhan Teluk Baruk Menuju Pulau Senua, dan di Area perlombaan di Pulau Senua”, ujar Toni.

Menanggapi hal itu, Dandim 0318 Natuna Letkol (Czi) Ferry Kriswardana, S.Sos., M.Tr manyampaikan bahwa pengamanan merupakan hal yang paling utama harus dipersiapkan, karena gagalnya pengamanan dalam suatu Pegelaran acara menandakan gagalnya acara.

“Intinya apa yang menjadi kendala penyelenggaraan tahun lalu akan menjadi pelajaran untuk penyelenggaraan tahun ini”, ungkap Letkol Ferry.

Selain itu, dari pihak Polres Natuna mengharapkan ada penambahan petugas pada pengamanan turun naik pengunjung di pelabuhan Teluk Baruk, ada batasan jumlah pengunjung dalam satu kapal yang akan menyeberang ke pulau senua, serta kesiapan petugas untuk mengantisipasi apabila kegiatan sudah selesai namun pengunjung masih berada di pulau senua.

Rapat Persiapan Pelaksanaan Wisata Bahari Natuna 2019 tersebut dihadiri oleh Para Instansi Vertikal seperti, Kodim 0318 Natuna, TNI AU, TNI AL, TNI AD, Polres Natuna, Pol Air, Basarnas, Imigrasi dan BMKG, serta Perwakilan dari OPD Kabupaten Natuna, Kepala Desa Sepempang, Karang Taruna Desa Sepempang, Ketua Kelompok Nelayan Sepempang dan perwakilan masyarakat nelayan Desa Sepempang. (Diskominfo/Mardi).

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Jaminan Kesehatan Penduduk Natuna Hampir 100% Terintegrasi ke BPJS Kesehatan

(WartaKominfo) – BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan adalah Badan ...