Home / Natuna News / HUT I Kecamatan Bunguran Selatan

HUT I Kecamatan Bunguran Selatan

NATUNAKABB NEWS – Tujuan dari pemekaran suatu daerah adalah untuk memperpendek rentang kendali system pemerintahan serta untuk mempercepat kemajuan perkembangan, mempermudah penyelesaian permasalahan yang terjadi di masyarakat serta peningkatan kinerja dan profesionalisme aparatur pemerintah dalam upaya menciptakan pelayanan prima dan rencana peningkatan ekonomi masyarakat. Dengan adanya pemekaran, peluang suatu daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya lebih besar dengan memaksimalkan segala potensi yang ada dalam pelaksanaan pembangunan di daerahnya.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna, Drs. H. Daeng Rusnadi, M.Si saat memberikan sambutan sekaligus menutup rangkaian acara Peringatan Hari Jadi Ke I Kecamatan Bunguran Selatan, sabtu (13/06) malam di Obyek Wisata pantai Cemaga Kecamatan Bunguran Selatan. Lebih lanjut disampaikan hendaknya dalam satu tahun perjalanan pemerintahan ini ada laporan hasil pembangunan yang telah terlaksana. Ini menjadi penting mengingat masih banyak program pembangunan yang belum dapat dilaksanakan. Sampai saat ini Kecamatan Bunguran Selatan hanya memiliki Pusat kesehatan Masyarakat Pembantu (PUSTU) dan belum ada ambulans sehingga mobilisasi pasien yang harus dirujuk ke pusat pemerintahan cukup sulit untuk dilaksanakan.

Untuk mengatasi krisis listrik yang terjadi terutama untuk ibukota kabupaten dan wilayah sekitarnya, pada tahun 2010 mendatang, Kabupaten Natuna mendapatkan proyek pusat penambahan daya listrik sebesar 6 Mega Watt. Dengan penambahan daya tersebut terjadi surplus daya sehingga dapat dialirkan ke daerah yang masih belum dialiri listrik, seperti Kecamatan Bunguran Selatan yang sampai saat ini masih mengunakan mesin Diesel untuk penerangan.

Pembangunan lain yang belum dapat terlaksana adalah pembangunan Kantor Camat Bunguran Selatan. Hal ini dikarenakan dalam perencanaannya pembangunan Kantor tersebut banyak menggunakan material kayu, sehingga jika dilaksanakan akan bertentangan dengan peraturan pengelolaan hasil hutan (Illegal Logging), oleh sebab itu diperlukan koordinasi yang baik antar instansi agar pembangunan kantor tersebut tidak mengalami permasalahan dibelakang hari.

Lebih lanjut dihimbau kepada masyarakat terutama generasi muda setempat agar selalu berupaya menjaga / melestarikan sejarah terbentuknya Kecamatan Bunguran Selatan agar masyarakat mengetahui sejauh mana perjuangan pemekaran dan pembangunan serta berupaya untuk melestarikan dan lebih memaksimalkan pemberdayaan segala potensi yang ada melalui promosi pengembangan khasanah budaya dan obyek wisata local demi kemajuan pembangunan didaerah.

Pada kesempatan yang sama Camat Bunguran Selatan, Romi Ratmi Novik, S.STP menyampaikan bahwa rangkaian acara peringatan Satu Tahun Kecamatan Bunguran Selatan diawali dengan kegiatan zikir bersama dan berbagai lomba permainan rakyat.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis penghargaan atas jasa dan kinerja para pemuka masyarakat yang telah mempersiapkan segala keperluan, hingga tepat tanggal 14 Juni 2008 Kecamatan Bunguran Selatan dapat diresmikan. (Ermiza/Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (15/06/2009)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna Dijadwalkan Hadiri KTT G-20 di Osaka, Jepang

Bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai ...