Home / Artikel / Kekah ( Presbytis Natunae ) , Satwa Endemik Pulau Natuna yang Terancam Punah

Kekah ( Presbytis Natunae ) , Satwa Endemik Pulau Natuna yang Terancam Punah

Kepulauan Natuna yang terletak di Laut Cina Selatan antara Semenanjung Malaysia, Borneo, Vietnam dan Kamboja. Pada gugusan Kepulauan Natuna, terdapat Pulau Natuna atau Bunguran Besar yang letaknya di bagian dengan koordinat 030 38’ – 040 15’ LU dan 1070 58’ – 1080 25’ BT. Luas pulau sekitar 172.000 ha, dengan panjang 65 km dan lebar 45 km.

Beberapa hewan endemik dapat ditemui di pulau ini. Kekah natuna Presbytis natunae, kukang Nycticebus coucang natunae, dan kera ekor-panjang Macaca fascicularis pumila adalah tiga primata endemik di P. Natuna. Selain itu, beberapa jenis hewan yang terancam punah seperti duyung Dugong dugong, penyu belimbing Dermochelys coreacea, dan buaya muara Crocodilus porosus juga terdapat di P. Natuna (Chasen, 1935).

Primata Indonesia yang dikenal secara lokal sebagai Kekah Natuna (Presbytis natunae), adalah salah satu spesies yang paling terancam punah di dunia fauna. Di antara ancaman terbesar adalah hilangnya habitat akibatpenebangan, konversi lingkungan mereka dilahan pertanian dan berburu. Jenis primataendemik kepulauan pulau Natuna dan dikenaloleh penduduk asli, karena memiliki nilai jual kembali yang tinggi. The Natuna Kekah dijual antara 300.000 dan 800.000 rupee masing-masing, ini adalah antara 30 dan 80 dolar perspesimen. The Kekah monyet muda memiliki nilai jual yang lebih tinggi serta orang dewasa dan kekah dijinakkan.

Di Barat dikenal sebagai Surili Pulau Natuna . Spesies dipisahkan dari paha putih Surili Presbytis siamensis oleh Groves pada tahun 2001 dan diklasifikasikan sebagai Presbytis natunae . Ini adalah spesies primata dalam keluarga Cercopithecidae . Ini adalah endemik pulau atau Great Natuna Besar Natuna atau Burguran Island, Indonesia .

Banyak orang ingin Pergi ke Natuna pet Kekah karena mereka merasa senang dan melihat bulu-bulu Unik dari Presbytis Natunae ( nama latin ) dan wajahnya dengan kacamata . Selain domestikasi mereka tampak sederhana , dan lokasi dianggap sebagai prestise yang dia miliki  . Kekah adalah   adalah hewan primata langka yang hanya ada di daerah Kabupaten Natuna yakni pulau Bunguran Besar.. Tentu saja, banyak kasus kematian akibat konsumsi makanan yang tidak pantas .

Primata ini dianggap musuh petani , karena mereka suka makan buah, daun dan rumput . Dengan hilangnya hutan dan penerapan pestisida untuk lahan pertanian yang diperoleh dengan biaya mereka , monyet ini semakin terancam , situasi diperparah oleh tidak adanya kawasan konservasi di Kepulauan Natuna , yang Presbytis natunae .Jika tidak, dalam jangka pendek Natuna kepulauan Kekah menderita kepunahan , dan dunia akan kehilangan primata endemik Indonesia .

Sumber : http://andikaprasetyo07.blogspot.com/2014/01/kekah-presbytis-natunae-satwa-endemik.html?m=1

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Baju Lelaki & Perempuan Melayu

Issued by : H. Wan Suhardi/Wahyu Saputro Setelah episode sebelumnya kita membicarakan ...