Home / Natuna News / Buka Musrenbang Kecamatan Pulau Laut, Bupati Natuna: Fokus kepada Pembangunan Ekonomi

Buka Musrenbang Kecamatan Pulau Laut, Bupati Natuna: Fokus kepada Pembangunan Ekonomi

(WartaKominfo) – Pemerintah Daerah Natuna yang dipimpin langsung oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi didampingi oleh Wakil Bupati Kabupaten Natuna, Rodhial Huda beserta Tim Asistensi melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di Kecamatan Pulau Laut untuk Tahun Anggaran 2025 dengan mengusung tema “Pemantapan Pembangunan Ekonomi Maritim Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Natuna Yang Unggul dan Sejahtera” yang bertempat di Gedung Serba Guna Desa Tanjung Pala Kecamatan Pulau Laut (09/02/2024) siang.

Dalam laporan Camat Pulau Laut, Bambang Erawan menyampaikan bahwa Musrenbang tingkat desa telah dilaksanakan dengan baik.

“Dapat saya laporkan kepada Bapak Bupati bahwa Musrenbang tingkat desa telah kami laksanakan dengan baik dan Alhamdulillah banyak sekali usulan-usulan prioritas yang nanti akan kami paparkan kepada tim asistensi,” papar Camat Pulau Laut, Bambang Erawan.

Kemudian Camat Pulau Laut, Bambang Erawan menambahkan dalam laporannya mengenai persentase Balita kondisi Stunting yang sudah mengalami penurunan di Kecamatan Pulau Laut.

“Kemudian juga Bapak Bupati kami laporkan bahwa kami telah melaksanakan juga terkait rembuk stunting dan Alhamdulillah persentase Balita kondisi Stunting sudah mengalami penurunan dari 18% menjadi 12% dan saat ini sedang dilaksanakan penimbangan dan kegiatan-kegiatan lainnya oleh Posyandu untuk menekan lagi Balita kondisi Stunting,” tambah Camat Pulau Laut, Bambang Erawan.

Sebelum sambutan Bupati Natuna dilanjutkan terlebih dahulu dengan Penyerahan Simbolis Lumbung Sosial kepada Camat Pulau Laut. Kemudian dilanjutkan Penyerahan Simbolis Kartu BPJS Ketenagakerjaan Asuransi Nelayan kepada Kepala Desa Kadur, Tanjung Pala, Air Payang. Kemudian juga dilanjutkan Penyerahan Simbolis Alat Pancing Ulur 69 Box kepada Ketua Kelompok Usaha Bersama Desa Kadur.

Kemudian dalam sambutan Bupati Natuna, Wan Siswandi menyampaikan bahwa pembangunan-pembangun Kecamatan Pulau Laut telah berjalan.

“Untuk tahun ini, Pulau Laut ini mendapatkan anggaran mencapai 11 Miliar dengan pembangunan jalan lingkar Pulau Laut, kemudian kelanjutan pembangunan pelabuhan, rehabilitasi ruang kelas, pemeliharaan alat Puskesmas. Kemudian alhamdulillah melalui Inpres kita mendapat anggaran juga untuk perbaikan jalan di Kecamatan Pulau Laut ini dan Insyaallah untuk yang lainnya akan kita lanjutkan untuk Tahun Anggaran 2025,”  jelas Bupati Natuna, Wan Siswandi.

Bupati Natuna, Wan Siswandi juga menambahkan bahwa untuk Tahun Anggaran 2025 ini kita fokuskan kepada Pembangunan Ekonomi.

“Untuk agenda tahun anggaran 2025 akan kita usahakan dengan kapasitas APBD kita. Untuk tahun 2025 ini coba kita fokuskan kepada Pembangunan Ekonomi seperti dari perbaikan sarana dan prasarana penunjang peningkatan ekonomi,” tambah Bupati Natuna, Wan Siswandi.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan pembahasan Rencana Pembangunan Kecamatan Pulau Laut. Berikut beberapa usulan prioritas yang diusulkan Kecamatan Pulau Laut di antaranya adalah:
1. Pembangunan beberapa ruas jalan, bahu jalan, dan penerangan jalan.
2. Pembebasan lahan dan pembangunan fasilitas publik seperti pembangunan tempat ibadah, Pasar koperasi nelayan dan pasar desa, sarana olahraga, rehabilitasi Postu dan Polindes.
3. Pembangunan/rehabilitasi pelabuhan beserta sarana prasarana seperti lampu suar dan pengadaan mobil barang untuk transportasi logistik.
4. Pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana sekolah-sekolah.
5. Pengadaan sarana dan prasarana nelayan seperti oven pengeringan bilis, Pompong cepat 7 GT, Fish Finder, Radio HT, dan Cold Storage.
6. Peningkatan kualitas dan penguatan jaringan seluler dan jaringan internet serta pengadaan Wifi di sekolah-sekolah dan fasilitas publik.
7. Pengadaan bibit Kelapa Hibrida Genjah dan bibit Durian unggul beserta penunjang pengadaan paket pagar berduri.
8. Pelatihan UMKM.
9. Pembangunan Pembuangan Sampah Akhir beserta sarana dan prasarana.

Diskominfo/QThariq

x

Check Also

Meriahkan HUT WIDAMSAR, Sekda Natuna Ikuti Senam Bersama Masyarakat Natuna

(wartaKominfo) – Usai menghibur masyarakat Natuna dengan mendatangkan artis Ibukota pada Sabtu, ...