web site hit counter
Home / Natuna News / Menuju E-Goverment, Perkantoran Pemkab Natuna Terhubung Internet 100 Mbps

Menuju E-Goverment, Perkantoran Pemkab Natuna Terhubung Internet 100 Mbps

Tgl Rilis: Senin, 25 November 2019 | 17:15

(wartaKominfo) – Sebagai langkah awal terbangunnya sistem pemerintahan berbasis E-Goverment dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Natuna, terhitung 11 November 2019 lingkungan perkantoran Pemerintah Kabupaten Natuna terbungung hanya 1 jaringan dengan kapasitas bandwith 100 Mbps.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Infrastruktur Telekomunikasi dan Informatika, Diskominfo Natuna, Muhammad Nawari.

“ini adalah langkah awal terwujudnya sebuah e-goverment di Kabupaten Natuna. Mulai dari infrastruktur nya terlebih dahulu, kedepan konsep kita adalah terhubung dengan menggunakan 1 jaringan saja. Dengan adanya pembangunan ini, diharapkan tidak ada lagi anggaran masing-masing OPD untuk belanja internet” tutur Nawari kepada wartaKominfo.

Disampaikan juga olehnya, pengadaan jaringan tersebut menggunakan dua konsep yakni, menghubungkan dengan kabel fiber optik dan juga menggunakan wireless dengan mendirikan tower 5 yakni, 3 triangle dan 2 monopole.

Bersumber dari gedung kantor Diskominfo Natuna, kemudian terkoneksi dengan 7 gedung lainnya dilingkungan perkantoran Bukit Arai dengan memanfaatkan Kabel FO. Sedangkan untuk Lingkungan Perkantoran NGU yakni Bakesbang dan Dinas Ketahanan Pangan menggunakan wireless. Dihubungkan lagi menuju Kantor Camat Bunguran Timur, Disdukcapil, DPMPTST, dan Dinas Perpustakaan Daerah.

Menurut Nawari, untuk beberapa lokasi pengadaan infrastruktur yang telah on air dan tekoneksi dengan kapasitas 100 mbps seluruhnya sejauh ini belum ada keluhan. Bahkan, rencana kedepan akan menggunakan bandwitdh 200 mbps sampai 500 mbps sesuai kebutuhan.

Nawari juga menambahkan, bahwa pelaksanaan pembangunan infrastruktur E-Goverment Pemkab Natuna Tahap pertama tersebut Pemda Natuna dalam hal ini Diskominfo Natuna bekerja sama dengan PT. Telemedia Lintas Sarana.

Dengan adanya pembangunan tersebut dengan kemampuan belanja internet kapasitas 100 mbps, diharapkan setiap OPD untuk menggunakan nya secara bijak.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna Jajaki Kerjasama dengan Dubes Singapura

Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si, kembali melakukan penjajakan kerjasama ...