web site hit counter
  SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA  
Home / Natuna News / Pembangunan Pendidikan Mutlak Dilaksanakan

Pembangunan Pendidikan Mutlak Dilaksanakan

Tgl Rilis: Friday, 12 June 2009 | 12:54

NATUNAKAB NEWS – Pembangunan dibidang pendidikan terus dilaksanakan untuk meningkatkan status social masyarakat dengan melakukan perubahan paradigma masyarakat (orang tua) terhadap kebutuhan akan pentingnya pendidikan bagi kemakmuran secara menyeluruh serta peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna, Drs. H. Daeng Rusnadi,M.Si saat memberikan sambutan dan meresmikan Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Ulum Ranai menjadi Sekolah Madrasah Tsanawaiyah Negeri Natuna, kamis (11/06) pagi. Ditambahkan pula, MTs Ranai yang berdiri pada Jum`at 5 Februari 1968 telah banyak melahirkan insan-insan yang saat ini mengisi posisi strategis dalam pembangunan daerah, untuk itu hendaknya setelah penegerian institusi pendidikan ini diharap dapat lebih meningkatkan kompetensi dan kualitas pengajaran guna menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas yang pada gilirannya mampu bersaing dalam menghadapi tantangan global dimasa hadapan.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa pembangunan dibidang pendidikan bukanlah semata-mata menjadi tanggungjawab institusi pendidikan saja melainkan juga menjadi tanggungjawab orangtua. Untuk itu diharapkan kepada seluruh orangtua agar selalu dapat memberikan perhatian lebih akan pentingnya pendidikan bagi peserta didik, baik itu pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi maupun keimanan dan ketaqwaan.

Sebagai bukti komitmen pemerintah daerah terhadap pembangunan sumberdaya manusia yang berkualitas, pemerintah telahpun meluncurkan suatu program yang diharap dapat mendongkrak kualitas pendidikan daerah, yaitu program Gerakan Sadar Sekolah (Gesas) menuju wajib belajar 12 tahun yang substansinya berupa dukungan berbagai fasilitas dan kemudahan bagi siswa dan orangtua.

Dalam Kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Kepulauan Riau melalui Kepala Bidang Pendidikan Islam, Raja Asnan menyatakan Bahwa sekolah yang dikelola Departemen Agama, Anggarannya 90 % diperolah dari swadaya masyarakat/wali murid yang mengakibatkan beberapa hambatan yang sangat dirasa oleh orang tua/wali murid. Namun semenjak terbentuknya Provinsi Kepri, dan segala upaya yang dilakukan selama ini menghasilkan satu kemajuan baru dibidang pendidikan islam dimana institusi pendidikan islam (madrasah) mendapatkan kucuran dana langsung dari Departemen Agama Republik Indonesia yang memberikan dampak positif yang sangat berarti bagi kemajuan pendidikan islam di tanah air.

Tahun ini Pemerintah Pusat melalui Departemen Agama telah menyalurkan dana sebesar Rp.696.360.000,- yang akan digunakan untuk berbagai kegiatan sekolah diantaranya, biaya operasional, kegiatan Unit Kesehatan Sekolah, Beasiswa Miskin, PAUD, TPQ. Dengan ini semua diharapkan dapat menjadi motivasi bag semua pihak untuk melakukan peningkatan kinerja demi mewujudkan peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Natuna

Saat ini Natuna telah memiliki 2 Madrasah Ibtidaiyah (1 sudah dinegerikan), 10 Madrasah Tsanawiyah (2 sudah dinegerikan) dan 4 Madrasah Aliyah (2 telah dinegerikan). (Ermiza)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (12/06/09)

Gedung B Lantai II P. Senoa, Jl. Batu Sisir, Bukit Arai, Kab. Natuna 29783, Indonesia.
Email: mail@natunakab.go.id, Telp: 0812 7013 6792
x

Check Also

Tim Sensasi, Harmonisasi Pemda Natuna bersama Media akan Terterjalin.

(wartaKominfo) – Dengan dibentuknya Tim penyusunan Strategi Harmonisasi di bidang Informasi (Sensasi) ...