Home / Natuna News / Penetapan Tema RKPD tahun 2020 Diharapkan Dapat Menjawab 8 Isu Strategis Kabupaten Natuna

Penetapan Tema RKPD tahun 2020 Diharapkan Dapat Menjawab 8 Isu Strategis Kabupaten Natuna

(WartaKominfo)“Saya berharap bahwa pemilihan tema ‘Penguatan Daya Saing Daerah Berbasis Sumber Daya Alam Terbarukan Didukung Penguatan Manajemen Sumber Daya Aparatur’ pada Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Perangkat Daerah) Kabupaten Natuna tahun 2019 ini dapat menjawab permasalahan dan kebutuhan pembangunan kabupaten Natuna”. Begitu yang disampaikan Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si pada acara Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Daerah Kabupaten Natuna tahun 2019 di Gedung Sri Srindit Ranai, Senin malam (11/03).

Tidak hanya pada tema RKPD tahun 2019, bahkan dalam penetapan Tema RKPD tahun 2020 nantinya diharapkan dapat menjawab 8 isu strategis yang harus dijangkau dan dikembangkan di Kabupaten Natuna. 8 isu tersebut diantaranya pembangunan dan keadilan Gender, kualitas pembangunan manusia, pembangunan infrastruktur kawasan strategis, pembangunan infrastruktur Informatika (E-government Pemerintah Kabupaten Natuna) , reformasi tata kelola birokrasi dan profesionalisme aparatur pemerintah daerah yang berkompetensi, pengembangan dan penguatan ekonomi yang berbasis sumberdaya unggulan daerah, pengembangan dan penguatan investasi, serta pengembangan percepatan daerah terluar sebagai daerah perbatasan.

Selain itu, pada penyusunan program dan kegiatan dalam RKPD tahun 2020 nantinya juga diharapkan dapat mendukung pencapaian target makro yang menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten Natuna seperti target Pertumbuhan Ekonomi meningkat sebesar 45%, tingkat Kemiskinan 3,80%, tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 72,50%, tingkat Inflasi 3,50% dan Rasio Dini 0,32%.

Oleh karena itu,  perlu upaya maksimal untuk mencapai target tersebut. Upaya yang dimaksud diantaranya, percepatan pembangunan infrastruktur air bersih, peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang lebih produktif, meningkatkan daya beli masyarakat sekaligus menjaga stabilitas harga bahan pokok, serta mendukung program bantuan sosial yang digagas Pemerintah dengan baik sehingga tepat sasaran.

Dalam penyusunan RKPD tahun 2020, Hamid juga meminta agar dapat memperhatikan perubahan paradigma pembangunan dari Mony follow Fungtion menjadi Mony follow Program Prioritas benar-benar dilakukan, serta juga harus diperhatikan rasionalisasi program kegiatan yang tidak jelas dan tidak memiliki nilai manfaat bagi masyarakat. Selain itu Ia juga meminta kepada para pemangku kepentingan untuk dapat memberikan saran dan masukan agar RKPD tahun 2020 selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Natuna tahun 2016 – 2021. (Diskominfo/Mardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemkab Natuna Dianggap Baik Dalam Mengelola Keuangan Daerah

(WartaKominfo) – Opini “Wajar Tanpa Pengecualian” merupakan sebuah predikat baik yang didapatkan ...