Home / Natuna News / Perkembangan Ekonomi Mikro dan Menengah di Natuna Pasca Pandemi Covid-19

Perkembangan Ekonomi Mikro dan Menengah di Natuna Pasca Pandemi Covid-19

(wartaKominfo) – Pertumbuhan ekonomi di masa pasca pandemi ini tidak terlepas dari andil sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Kabupaten Natuna dalam hal ini terdapat 14ribu UMKM, meningkat 85% yang aktif hanya beberapa dan inilah yang akan dilakukan pembinaan dan sebagian besar bergerak dibidang mikro. Hal ini disampaikan Kadis Perindagkop-Um Kabupaten Natuna, Marwan Sjah Putra dalam acara dialog khusus Beranda Nusantara dengan tema ‘Usaha Mikro Kecil Menengah Maju, Kita Mendunia’.

Hadir juga Hardinansyah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna yang menjadi narasumber menyampaikan perkembangan sektor pariwisata di Natuna pasca melandainya covid-19, sudah banyak calon wisatawan yang sudah melalukan schedule datang ke Natuna, dari aspek amenitas, maupun sarana pendukung pariwisata sudah mulai tumbuh dan berkembang di Natuna.

Eksistensi BUMDES dalam hal ini juga turut memberikan dampak bagi perkembangan usaha mikro maupun menengah, hal ini diutarakan oleh Fadhly Azzuhry, Kabid Bina Adm Pemerintah Desa Dinas PMD Kab. Natuna.

“Dari total 70 Desa sudah terbentuk 58 BUMDES yang aktif cuma 27 dan kami terus melakukan pembinaan dan diharapkan seluruh Desa harus terbentuknya BUMDES, karena ini merupakan lembaga desa yang menjadi lokomotif bagi pengembangan ekonomi di desa”. Ujar Fadhly.

Selanjutnya perkembangan teknologi digital juga turut diperhatikan dalam hal pemasaran produk yang telah diproduksi oleh pelaku usaha misalnya tidak lagi menggunakan lapak tetapi bisa melalui smartphone dalam memasarkannya. Nomor Induk Berusaha dan Sertifikat Halal sebagian sudah dimililki oleh pelaku usaha, dimana NIB ini sudah bisa didaftarkan melalui OSS di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Natuna. Selanjutnya yang menjadi pekerjaan tambahan untuk Perindagkop-Um kedepanya bisa memberikan nilai info gizi (NIG) untuk produk makanan supaya bisa dipasarkan untuk mall dan swalayan.

Kolaborasi antara Dinas Pariwisata dan Dinas Perindagkop-Um serta Dinas PMD Kabupaten Natuna terus dikembangkan, upaya yang dilakukan adalah melakukan pelatihan kepada pelaku ekonomi kreatif. Dan untuk produk oleh-oleh ini sudah dibuka dan diresmikan langsung oleh Bupati Natuna di Dive Resort pada 25 April 2022 yang lalu.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Bupati Natuna dan Ketua PKK Natuna Lantik Ketua TP. PKK Kecamatan Bunguran Timur Laut .

(wartaKominfo) – Kamis 30 Juni 2022, Ketua PKK Kabupaten Natuna Secara Resmi ...