Home / Natuna News / Penyerahan E- KTP Secara Simbolis kepada Masyarakat Kec. Bunguran Timur

Penyerahan E- KTP Secara Simbolis kepada Masyarakat Kec. Bunguran Timur

Dalam proses pembangunan dan pencatatan kewarganegaraan, kartu tanda penduduk (KTP) merupakan suatu keharusan untuk dimiliki setiap individu yang telah berumur 17 tahun ataupun sudah menikah, sebagai cerminan dan implementasi tertib administrasi dan tidak terlepas dari berbagai proses pembangunan terkait dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Adapun berbagai program yang terkait dengan KTP diantaranya adalah program sensus penduduk, pemetaan kondisi sosial budaya serta akurasi data pendukung pelaksanaan pemilu.

Mengingat pentingnya keberadaan KTP elektronik bagi seluruh warga negara, diharapkan kepada aparatur seluruh kecamatan untuk lebih proaktif memantau kelapangan, karena masih terdapat warga yang tidak mampu untuk mendata di instansi pemerintah mengingat kondisi kesehatan maupun sedang berada di luar daerah (kuliah, dsb).

Hal ini disampaikan Bupati Natuna, Drs. H. Ilyas Sabli, M. Si pada Penyerahan E – KTP secara Simbolis kepada Masyarakat, di Ruang Rapat Kantor Camat Bunguran Timur, kamis ( 31/01) siang.

Selain penyerahan E- KTP, beliau juga meyerahkan bantuan GPS kepada masyarakat nelayan bunguran timur sebanyak 100 unit. Bantuan tersebut merupakan tahapan kedua dari pertamina melalui program community Social Responsibility (CSR), dengan harapan sarana teknologi tersebut dapat menunjang peningkatan hasil tangkap para nelayan.

Pada kesempatan yang sama Camat Bunguran Timur, Ferizaldi,SH.M.Si melaporkan bahwa E- KTP yang diserahkan adalah hasil pendataan yang dilaksanakan tahun lalu.

Adapun jumlah target yang akan didata sebanyak 13.723 jiwa, sedangkan yang sudah terekam berjumlah 12.081 jiwa dan sisa yang belum terekam berjumlah 1.642 jiwa, hal ini diperkirakan karena warga berada diluar daerah atau sudah merekam di daerah lain.

E- KTP yang sudah selesai dicetak berjumlah 3.984 (25%), selanjutnya pemberitahuan akan disampaikan melalui lurah atau kepala desa kepada warga yang bersangkutan untuk menukar KTP lama dengan E-KTP di Kantor Camat.

Peliput: Staf Bagian Humas Endang /Sri Lulus Yustami

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Wabup Pimpin Apel 17 Hari Bulan Juli 2018

(WartaKominfo) – Wakil Bupati Natuna Dra Hj Ngesti Yuni Suprapti menjadi pemimpin ...