web site hit counter
Home / Natuna News / Seminar Geopark Natuna, Menyongsong UNESCO Global Geopark

Seminar Geopark Natuna, Menyongsong UNESCO Global Geopark

Tgl Rilis: Rabu, 9 Oktober 2019 | 04:19

(wartaKominfo) – Masih dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Natuna yang ke-20, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Natuna, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna menggelar Seminar Geopark Natuna dengan tema “Persiapan Geopark Natuna Menuju Unesco Global Geopark (UGG).

Kawasan Taman Bumi (Geopark) Natuna, Provinsi Kepulauan Riau sudah ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada November 2018 lalu yang sertifikat nya diterima secara langsung oleh Bupati Natuna di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kini Geopark Natuna melangkah menuju jaringan Global Geopark UNESCO.

Kepala Disparbud Kabupaten Natuna, Hardinansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa, keberhasilan Natuna tidak hanya sampai pada memperoleh Status Geopark Nasional saja, namun harus dipertahankan dan ditingkatkan menjadi UGG.

“Keberhasilan Natuna dalam meraih status Natuna sebagai Kawasan Geopark Nasional tidak berhenti pada perolehan ini saja, akan tetapi kawasan geopark harus dikelola dan dikembangkan untuk mempertahankan statusnya sebagai Kawasan Geopark Nasional dan harus ditingkatkan lagi untuk dapat menyandang status UGG” tegas Hardinansyah.

Menurutnya, dalam pengelolaan dan upaya Natuna menuju UGG tersebut masih mendapati beberapa kendala atau masalah yang harus diselesaikan. Diantaranya, masih kurangnya keterlibatan masyarakat dalam mengelola dan mengembangkan kawasan geopark, dan belum optimalnya pengembangan geopark berdasarkan Perpres No 9 Tahun 2019 Tentang Pengembangan Taman Bumi Nasional.

Seminar tersebut dilaksanakan dengan harapan meningkatkan pengetahuan semua kalangan masyarakat khususnya pemangku kepentingan dan pemangku kebijakan mengenai Geopark, juga untuk meningkatkan kepedulian seluruh kalangan masyarakat di Kabupaten Natuna terhadap status Natuna sebagai Geopark Nasional yang sedang berjuang meraih status UGG.

Seminar dibuka secara resmi oleh Bupati Natuna, Hamid Rizal di Gedung Sri Srindit Ranai. Selasa, (08/10/19) diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Natuna, Pimpinan dan Anggota FKPD Kabupaten Natuna, Instansi Vertikal, BUMN dan Swasta, Akademisi, Mahasiswa, Pimpinan atau Perwakilan OPD, Pengurus Geopark Natuna, Media, serta Penggiat Wisata lainnya.

Narasumber yang didatangkan untuk memaparkan materi pada seminar tersebut berasal dari Kementerian Kominfo Kemaritiman RI dan juga dari Pusat Penelitian Geopark dan Perencanaan Geologi Universitas Padjajaran Bandung.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Ombudsman Perwakilan Kepri Gelar Sosialisasi SP4N LAPOR! Di Natuna

(wartaKominfo) – Sebagai Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, ...