web site hit counter
Home / Natuna News / Tantangan Pilkada Di Masa Pandemi Covid-19

Tantangan Pilkada Di Masa Pandemi Covid-19

Tgl Rilis: Friday, 20 November 2020 | 11:28

(wartaKominfo) – Pandemi Covid-19 membawa tantangan baru dalam pilkada 2020. Beberapa tantangan yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan pilkada kali ini yaitu terbentuknya klaster baru penyebaran covid-19 yang disebut klaster pilkada. Hal ini tentunya tidak diinginkan oleh pihak penyelenggara pilkada 2020 di Kabupaten Natuna.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Natuna, Junaedi Abdillah bahwa pihaknya dalam pelaksanaan pilkada tahun ini tidak hanya fokus pada teknik penyelenggara pilkada, namun juga fokus terhadap teknik pencegahan penyebaran covid-19.

“Pilkada kali ini berbeda dengan pilkada sebelumnya. Pada tahun ini kita penyelenggara menyiapkan teknik penyelenggaraan juga sekaligus teknik pencegahan penyebaran covid-19.” ujar nya pada Dialog Interaktif Kopi Pagi. Jum’at, (20/11/2020).

Untuk teknik penyelenggaraan pilkada sendiri alhamdulillah logistiknya, surat suara nya sudah datang di KPU. Saat ini sedang dalam tahap perekrutan KPPS. Selain itu, kita juga sudah melakukan rapid test massal di KPU. Selanjutnya juga akan dilakukan rapid kepada seluruh penyelenggara pilkada sampai ke tingkat kecamatan dan TPS-TPS. ” sambung nya.

Demikian juga disampaikan oleh Ketua Bawaslu Natuna Khairul Rijal, menurutnya selain ingin penyelenggaraan pilkada lancar, kesehatan masyarakat juga hal yang paling penting.

Pilkada kali ini kita mengawasi bagaimana penyelenggaraan pilkada dari tahap awal hingga akhir berjalan dengan lancar, pada saat yang sama kita juga mengawasi protokol kesehatan. Dua hal ini harus jalan berbarengan tanpa mengurangi esensi pelaksanaan pilkada 2020 ini” terang nya.

Sejauh ini KPU telah melakukan beberapa tahapan pilkada, termasuk melakukan debat publik atau debat terbuka yang digelar di RRI Ranai. Disiarkan oleh RRI, KPU, dan Diskominfo Natuna.

Selanjutnya, Junaedi mengatakan bahwa ada rencana akan melakukan debat publik edisi kedua. Namun waktunya belum dapat dipastikan.

Kita sudah melakukan debat pertama kemarin yang dilakukan di RRI dan disiarkan langsung oleh RRI, KPU, dan Diskominfo. Rencananya akan diadakan debat kedua. Jadwalnya mungkin pada 28 November. Namun akan dipastikan dahulu tergantung kesiapan seluruh pihak yang terlibat” ujar nya.

Selain itu, Junaedi juga mengatakan sejauh ini pelaksanaan tahapan pilkada 2020 berjalan lancar berkat kerjasama KPU, Bawaslu, TNI, Polri, dan Pemda Natuna.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna Pimpin Upacara Pemberangkatan Satgas Pengamanan Pulau Sekatung Yon Komposit I/GP

Sekatung merupakan salah satu dari 7 (tujuh) pulau terluar Negara Kesatuan Republik ...