Login Email Natunakab
Home / Natuna News / Tembus Rp1,040 T, Pendapatan APBD Natuna 2022 Masih Didominasi Transfer Pusat

Tembus Rp1,040 T, Pendapatan APBD Natuna 2022 Masih Didominasi Transfer Pusat

MEDIAKEPRI, DPRD Natuna menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Natuna tentang RAPBD Kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2022, Selasa 30 November 2021.

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar didampingi Wakil Ketua I, Daeng Ganda Rahmatullah dan Wakil Ketua II, Jarmin Sidik serta diikuti oleh seluruh anggota DPRD Natuna.

Hadir pada rapat itu Bupati Natuna, Wan Siswandi dan Wakilnya, Rodial Huda serta seluruh unsur FKPD, OPD Kabupaten Natuna dan sejumlah undangan lainnya.

Daeng Amhar mengatakan, sesuai mekanisme dan Tatib DPRD, rapat tekah memenuhi quorum, selanjutnya Daeng Amhar mempersilahkan kepada seluruh fraksi menyampaikan pidato pandangan akhirnya.

Secara bergantian fraksi-fraksi yang ada memyampaikan pandangannya dan menyatakan dapat menerima dan menyetujui postur APBD Natuna tahun anggaran 2022 dengan besaran anggaran sebesar Rp. 1,040 triliun.

Anggaran ini berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp. 54 milyar, transfer pusat sebesar Rp. 889 milyar, transfer antar daerah sebesar Rp. 62 milyar dan pendapatan lain yang sah Rp. 11 milyar serta Silpa sebesar Rp. 21 milyar.

Adapun belanja daerah dianggarkan sebesar Rp. 1,040 triliun dengan rincian belanja pegawai sebesar Rp, 705 milyar, belanja modal Rp.183 milyar,belanja tak terduga sebesar Rp. 11 milyar, dan pengeluaran pembiayaan Rp. 5 milyar

Juru Bicara Fraksi PPDN DPRD Natuna, Eryandi mengatakan bahwa fraksinya menyampaikan enam catatan dan pemikiran berkaitan dengan RAPBD tahun anggaran 2022 diantaranya, menyarankan bahwa dalam penyusunan APBD harus lebih memprioritaskan pemulihan ekonomi masyarakat.

Selanjutnya Eryandi juga menyampaikan, supaya pemerintah daerah terus mendorong kinerja BUMD agar mengoptimalkan pendapatannya sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Kepada OPD, Fraksi PPDN juga menekankan dalam pengusulan program dan kegiatan tidak bersifat rutinitas atau monoton hendaknya dilakukan secara efisien, efektif.

ABPBD Kabupaten Natuna tahun sebelumnya sebesar Rp. 1,040 triliun atau penurunan sebesar Rp. 58 milyar.***

Editor: Amril

Sumber: https://www.mediakepri.co/kepri/pr-1031942647/tembus-rp1040-t-pendapatan-apbd-natuna-2022-masih-didominasi-transfer-pusat

x

Check Also

Rodhial Huda : Puspaga menjadi wadah edukasi bagi orang tua dalam mengasuh anak.

(wartaKominfo) – Keluarga sebagai komunitas terkecil dari masyarakat, memiliki peranan penting paling ...