Home / Natuna News / Tour de Natuna diharapkan dapat Kembangkan Sektor Pariwisata Daerah

Tour de Natuna diharapkan dapat Kembangkan Sektor Pariwisata Daerah

Rencana Pelaksanaan Tour De Natuna yang bertujuan untuk mempromosikan sektor pariwisata daerah merupakan salah satu kegiatan yang tergolong besar, melibatkan berbagai pihak yang memiliki kompetensi dan tanggungjawab, mengingat kesuksesannya nanti akan sangat mempengaruhi tujuan yang ingin dicapai.

Oleh karenanya, upaya membangun koordinasi dan kerjasama, pemenuhan terhadap berbagai sarana dan fasilitas pendukung serta analisa terhadap bidang kepanitian yang memiliki beban berat dan berpotensi menghambat pelaksanaan kegiatan harus terus dievaluasi.

Demikian Tanggapan Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi dalam acara Presentasi Tour de Natuna yang diselenggarakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Ranai, rabu (25/4) pagi, dihadiri oleh tim Indonesia Grand Prix (IGD) dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah.

Menurut Wan Siswandi, segala rencana yang telah disusun nantinya harus mendapatkan persetujuan Bupati Natuna sebagai Kepala Daerah.

Selanjutnya harus pula melibatkan beberapa OPD terkait yang memungkinkan untuk mendukung hal tersebut, selain berbagai pemangku kepentingan dan khususnya masyarakat yang berada disekitar lokasi kegiatan nantinya.

Wan Siswandi mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu upaya daerah untuk mengembangkan sektor pariwisata yang nantinya diharapkan mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat. Untuk itu ia berharap dalam pelaksanaannya nanti, seluruh unsur harus saling mendukung dan bekerjasama untuk menyukseskannya.

Selanjutnya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Erson Gempa Afriandi mengatakan bahwa Natuna memiliki potensi pariwisata yang sangat menjanjikan, namun untuk memberikan nilai tambah bagi meningkatkan ekonomi masyarakat dan pendapatan daerah, dibutuhkan strategi promosi yang bertujuan untuk menarik minat kunjungan wisatawan di daerah, seperti kegiatan Tour de Natuna.

Mengingat pentingnya promosi wisata tersebut, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata juga berencana akan mengadakan event besar lainnya yaitu Festival Tari tingkat nasional.

Selanjutnya Erson juga menambahkan bahwa Dinas Pariwisata telahpun menargetkan pengembangan beberapa destinasi wisata daerah tahun 2020, diantaranya wisata Mangrove Pering, Semitan, Pengadah, Laman Kimak depan Masjid Agung dan wisata Taman Kupu-kupu Setengar.

Selanjutnya perwakilan dari IGD, Udianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah memfasilitasi kegiatan ini bagi memantapkan persiapan-persiapan, melalui survei berbagai aspek seperti rencana route yang akan dilalui peserta Tour de Natuna nantinya.

Adapun  survei akan dimulai tanggal 22 sampai 25 April 2018,  dimana route tour dibagi menjadi tiga jalur, yaitu Route pertama mulai dari Kantor Desa Teluk Buton Kecamatan Bunguran Utara dan berakhir di sampai Pantai Kencana – Ranai, Route kedua mulai dari Pantai Kencana sampai Pelabuhan TNI Angkatan Laut Selat Lampa, dan Route ketiga dimulai dari Lapangan Bola Kaki Kelarik Kecamatan Bunguran Utara dan berakhir di Pantai Kencana Ranai.

(Humas_Pro/Sri/Alex)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemda Natuna Gelar Upacara Memperingati HUT RI ke 73

(WartaKominfo) – Permerintah Daerah Kabupaten Natuna menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati ...