Home / Natuna News / Wakil Bupati Natuna Membuka Secara Resmi Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur Tahun 2023.

Wakil Bupati Natuna Membuka Secara Resmi Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur Tahun 2023.

(wartaKominfo) – Senin, 30 Januari 2023 Pemerintah Kabupaten Natuna mulai melaksanakan Mursenbang Kecamatan, yang di mulai dengan Mursenbang Kecamatan Bunguran Timur yang di gelar di Hotel Trend Central.

Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur 2023, mengusung tema ” Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Panguatan Tata Kelola Pemerintahan di Dukung oleh Akselerasi Kualitas Sumberdaya Manusia” .

Dalam laporannya Camat Bunguran Timur, Hamid Asnan menyampaikan bahwa sebelum melaksanakan musrenbang kecamatan, kecamatan telah melaksanakan musrenbang tingkat kelurahan dan desa.

” Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur hari ini merupakan aspirasi yang telah di himpun melalui musrenbang kelurahan dan desa desa. Jadi usulan pembangunan yang akan disampaikan pada hari ini adalah program yang menjadi kebutuhan masyarakat dan memiliki urgensi yang jelas” Jelas Hamid Asnan.

Hamdid Asnan berharap melalui musrenbang ini dapat menjadi wadah untuk merencanakan sekala prioritas pembangunan sekaligus mewujudkan pemerataan pembangunan hingga ke desa desa.

Wakil Bupati Natuna yang secara resmi Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur dalam sambutanya menyampaikan Musrenbang adalah bagian dari tahapan pembangunan daerah.

” Musrenbang merupakan implementasi dari pembangunan Nasional terkait tata cara perencanaan, pengendalian dan pelaksanaan pembangunan daerah. Dimana tahun 2024 fokus pembangunan Kabupaten Natuna berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarkat” Jelas Rodhial Huda.

Lebih lanjut Rodhial Huda menjelaskan mengoptimalkan sumber daya unggulan daerah Peningkatkan Tatakelola Pemerintah yang bersih, transparan akuntabilitas dan berkualitas serta melayani masyarakat Pembangunan SDM ini menjadi sangat penting, karena terkait isu-isu strategis dan juga penurunan kemiskinan ekstrem yang ditargetkan pemerintah pusat 0% pada Tahun 2024 dan untuk diketahui bahwa Kemiskinan Ekstrem Kabupaten Natuna Tahun 2022 adalah sebesar 2,65%, demikian halnya dengan Stunting juga menjadi program priotas nasional yang harus di tekan menjadi 14% pada Tahun 2024 dan angka prevalensi stunting Kabupaten Natuna Tahun 2022 adalah sebesar 18%.

” Guna Percepatan pencapaian tujuan pembangunan tersebut pemerintah Kabupaten Natuna akan focus pada Pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui peningkatan kualitas infrastruktur dan utilitas lainya yang berkualitas serta Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia yang unggul melalui peningkatan akses dan pelayanan pendidikan dan kesehatan termasuk peningkatan angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Natuna yang saat ini berada pada angka 8,96 tahun atau SMP kelas 3 ” Tambah Rodhial Huda.

Melalui Musrenbang ini pemerintah daerah berharap agar kesepakatan usulan perencanaan yang dihasilkan untuk tahun 2024 merupakan usulan prioritas perencanaan yang memang merupakan kebutuhan masyarakat, dan kepada Perangkat Daerah hendaknya dapat mengambil kebijakan yang tepat dalam mengakomodir aspirasi masyarakat sesuai dengan arahan pembangunan Kabupaten Natuna yang telah ditetapkan.

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Pemda Gelar Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Sistem Mutu Produk untuk Pelaku IKM Natuna

(wartaKominfo) – Dalam rangka memfasilitasi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dalam mengembangkan ...