web site hit counter
Home / Natuna News / Zakat Sebagai Bentuk Kepedulian Sosial Bagi Kemandirian dan Kesejahteraan Umat

Zakat Sebagai Bentuk Kepedulian Sosial Bagi Kemandirian dan Kesejahteraan Umat

Tgl Rilis: Senin, 16 September 2019 | 02:46

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, S. Sos, M.Si membuka Kegiatan Pelatihan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan Penyerahan Bantuan Dana Zakat dari Badan Amil Zakat (BAZNAS) Provinsi Kepulauan Riau, di Rumah Makan Sisi Basisir, Rabu (11/9) Pagi.

Turut  hadir pada kesempatan tersebut beberapa anggota Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tim Baznas Provinsi Kepulauan Riau, Ketua MUI Natuna, Ketua LAM Natuna, Para Pengurus UPZ, Para Guru TPQ, Tokoh Agama, Perwakilan Siswa Setingkat SLTA dan Lansia Penerima Bantuan di Kabupaten Natuna.

Dalam sambutannya, Siswandi mengucapkan terimakasih pada Baznas Provinsi Kepulauan Riau yang telah menempatkan Kabupaten Natuna sebagai daerah tujuan pembagian zakat.

Lebih lanjut Siswandi menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Natuna sudah membuat surat edaran kepada seluruh OPD agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di OPD terkait menyisihkan pendapatan untuk digunakan membayar zakat, sehingga dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan bantuan ZIS (Zakat Infaq dan Sedekah) kepada masyarakat yang berhak menerimanya di Kabupaten Natuna.

Selanjutnya Siswandi mengharapkan kepada seluruh peserta pelatihan UPZ dan TPQ  agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh supaya ilmu yang didapatkan nantinya dapat diterapkan di lapangan.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua IV Baznas Provinsi Kepulauan Riau, Dr. Moch. Aminuddin Hadi menyampaikan bahwa, Baznas RI menjadi salah satu lembaga pemerintah non struktural yang sesuai mandat undang-undang zakat diberi kewenangan untuk mengumpulkan dan mendistribusikan zakat dalam rangka pengetasan kemiskinan.

Untuk itu, pada kesempatan ini akan diserahkan dana zakat dari BAZNAS Provinsi Kepri pada 4 bidang penyaluran diantaranya bidang pendidikan, ekonomi, dakwah dan sosial.

Acara diakhiri dengan penyerahan zakat secara simbolis kepada beberapa perwakilan Penerima Beasiswa dari siswa SMK dan SMA, Bantuan Ekonomi Produktif, Bantuan Dai Hiterland dan Bantuan bagi Lansia yang ada di Kabupaten Natuna.(Humas_Pro/Ridwan/Izar)

RILIS PERS, Nomor : 952 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Ombudsman Perwakilan Kepri Gelar Sosialisasi SP4N LAPOR! Di Natuna

(wartaKominfo) – Sebagai Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, ...