Home / Natuna News / Program Inovasi Desa, TPID Kabupaten Natuna Kirimkan 20 Video Pembelajaran

Program Inovasi Desa, TPID Kabupaten Natuna Kirimkan 20 Video Pembelajaran

(WartaKominfo) – Program Inovasi Desa dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan undang-undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Program Inovasi Desa sangat membantu desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan Sumber Daya yang memiliki daya saing.

Kepala BPMD Kabupaten Natuna, Indra Joni mengatakan kegiatan ini adalah akhir dari tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan Tim Inovasi Kabupaten – Tim Pelaksana Inovasi Desa di Tahun 2018.

“Dapat dikatakan kegiatan hari ini adalah tahapan akhir dari yang telah kita laksanakan di tahun 2018 ini.” jelas Indra.

“Harapannya, dengan adanya inovasi dalam pembangunan desa, perekonomian masyarakat semakin meningkat, bila perlu setiap desa dapat menghasilkan pendapatan asli desa.”, tambah Indra.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Muhammad Fadli dalam kesempatan itu melaporkan bahwa khusus program kerja PPID, Tim Inovasi Kabupaten telah berhasil mengidentifikasi sebanyak 48 ide, membuat 46 dokumen themplet, dan 20 dokumen pembelajaran berupa video capturing.

Dokumen video capturing tersebut telah pula dikirim ke Provinsi, dan Natuna merupakan Kabupaten pertama yang mengirimkan video tersebut dsri 5 Kabupaten yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

“Progres paling tinggi di Provinsi Kepri adalah Kabupaten Natuna. Ini semua berkat kerjasama kita semua, Tim Inovasi Kabupaten, Tim Pelaksana Inovasi Desa, dan juga para pendamping. Maka dari itu, kita harus terus besinergi.”, lanjut Indra.

Pada kesempatan yang sama Tim Inovasi Kabupaten Pokja PPID,   H.Wan Suhardi yang sekaligus bertindak sebagai evaluator dokumen pembelajaran berupa video capturing itu sangat mengapresiasi progres yang di capai oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID).

“Kita tercatat sebagai pengirim video pertama dari Kabupaten yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.” Kata Wan Suhardi.

“Ini prestasi luar biasa,  dengan semangat yang juga luar biasa.” tambah Wan Suhardi.

Wan Suhardi berpesan, agar TPID maupun Pendamping, terus berkarya dan berinovasi, terus asah kemampuan sehingga video tim inovasi Natuna dapat dipilih sebagai dokumen pembelajaran tingkat Nasional, dan akan ditayangkan di setiap Kabupaten di seluruh Indonesia pada kegiatan Bursa Inovasi Desa tahun 2019 mendatang.   (Diskominfo/Fera/Syrn)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemkab Natuna Dianggap Baik Dalam Mengelola Keuangan Daerah

(WartaKominfo) – Opini “Wajar Tanpa Pengecualian” merupakan sebuah predikat baik yang didapatkan ...