Home / Natuna News / Membanggakan, Desa Limau Manis Resmi Terpilih Menjadi Desa Anti Korupsi Oleh KPK Dengan Predikat Istimewa

Membanggakan, Desa Limau Manis Resmi Terpilih Menjadi Desa Anti Korupsi Oleh KPK Dengan Predikat Istimewa

(wartaKominfo) – Rabu, 04 Oktober 2023, Tim Direktorat Pembinaan Peran Masyarakat KPK RI melaksanakan tahap akhir penilaian program desa anti korupsi di desa limau manis, sebagai satu satunya desa yang terpilih di Provinsi Kepulauan Riau sebagai desa percontohan anti korupsi.

Acara diawali dengan pembukaan acara penilaian yang ditandai dengan sambutan oleh kepala direktorat pembinaan peran serta masyrakat KPK RI, Nurtjahyadi dalam Sambutanya menyampaikan bahwa diantara seluruh desa di Provinsi Kepri, desa limau manis menjadi satu satunya Desa yang terpilih menjadi desa percontohan anti korupsi.

” Tentunya kami menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada pemerintah daerah hingga desa yang sangat aktif dalam mengikuti proses observasi hingga penilaian hari ini. Kita berharap proses pembimbingan beberapa bulan terakhir dapat membuahkan hasil dengan pemenuhan indikator yang menjadi penilaian” Jelas Nurtjahyadi

Lebih lanjut Kepala Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat menambahkan dalam penilaian ini diharapkan seluruh perangkat desa dapat berpartisipasi dalam memberikan keterangan yang sebaik baiknya saat dilakuka penilaian.

“Jadi hari ini setelah pembukaan akan dilaksanakan penilaian yang akan diawali dengan penyampaian profil desa oleh kepala desa, dan dilanjutkan dengan diskusi dimana masing masing tim penilaian akan memberikan pertanyaan berdasarkan indikator penilaian untuk memverifikasi apakah indikator ini sudah terpenuhi apa belum” Tambah Nurtjahyadi

Acara dilanjutkan dengan peninjauan langsung system pelayanan kantor desa, serta pemeriksaan beberapa titik pembangunan yang dilakukan oleh desa limau manis.

Setelah seluruh proses penilaian tim penilai kelakuan rapat tertutup untuk menentukan nilai yang akan diberikan berdasarkan hasil verifikasi dan penilaian langsung oleh Dewan penilai. Berdasarkan hasil rapat Dewan penilai ditetap desa limau manis sebagai desa percontohan anti korupsi dengan nilai 94 dengan predikat istimewa.

Acara ditandai dengan pemberian hasil penilaian dari KPK RI kepada Bupati Natuna secara langsung.

Bupati Natuna dalam sambutanya menyampaikan apresiasi dan bangganya atas terpilihnya desa limau manis sebagai desa percontohan anti korupsi. Sehingga ini dapat menjadi langkah awal bagi kabupaten Natuna sebagai desa percontohan untuk dapat menjadi contoh bagi desa desa lainnya.

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Audiensi Bersama Universitas Pertamina, Bupati Natuna Monitoring 18 Penerima Beasiswa Dari Kabupaten Natuna

(WartaKominfo) – Kamis, 22 Februari 2024 Bupati Natuna melanjutkan Audiensi bersama Universitas ...