Home / Natuna News / Asisten II Kembali Dampingi KPK Dalam Rangka Observasi Desa Anti Korupsi

Asisten II Kembali Dampingi KPK Dalam Rangka Observasi Desa Anti Korupsi

(wartaKominfo) – Bertempat di Gedung Serba Guna Desa Tapau Kecamatan Bunguran Tengah Asisten II Bersama Tim Direktorat Pembinaan Peran Masyarakat KPK RI kembali melakukan observasi pada Rabu 1 Februari 2023.

Setelah sebelumnya melakukan survey di desa Harapan Jaya Kecamatan Bunguran Tengah dan desa Limau Manis Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Progam ini merupakan Program pencegahan korupsi Pada pemerintahan desa melalui 5 Indikator (penguatan tata laksana, penguatan pengawasan, Penguatan kualitas pelayanan publik, Penguatan partisipasi masyarakat dan Kearifan lokal).

Menyampaikan pesan Bupati Natuna, Basri menuturkan mudahan salah satu desa di Natuna bisa menang menjadi desa anti korupsi.

Basri juga berpesan untuk perangakat desa yang hadir bisa memperhatikan dengan seksama point-point apa saja yang bisa menjadi indikator serta penunjang dalam menambahkan nilai/point agar terpilih menjadi pemenang dan ini memerlukan kerja sama antar perangkat Desa Tapau.

Andika selaku tim Ditpermas KPK menjelaskan program ini dimulai pada tahun 2021. Tahun 2023 di Kepulauan Riau ada lima desa, tiga diantaranya adalah desa yang berada di Natuna Yakni Desa Harapan Maya, Limau Manis dan Tapau.

Setelah observasi, nantinya ada Tim dari kementrian terkait dalam hal ini Kementrian Desa PDT akan memberikan bimhingan teknis dan menyampaikan indikator apa saja untuk menjadi desa anti korupsi.

Tim penilai dari Kementrian Keuangan, Kemendagri, Kementrian Desa PDT dan KPK.

“Reward untuk pemenang nantinya akan di undang pada launching hari anti korupsi sedunia di Jakarta dengan mengundang kepala Desa, Bupati hingga Gubernur,” pungkas Andika

Selanjutnya paparan infografis dari kepala Desa Tapau Sudiono dilanjutkan dengan pemaparan materi indikator desa anti korupsi dari Tim selanjutnya survey beberapa lokasi pendukung untuk Desa anti korupsi.

Tampak hadir dalam kegiatan observasi ini diantaranya Inspektorat Kabupaten Natuna, Dinas PMD, Diskominfo, Camat Bunguran Tengah serta Perangkat Desa Tapau.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Isi Kuliah Subuh, Wakil Bupati Natuna Tekankan Pentingnya Shalat

(wartaKominfo) – Salah satu pelaksanaan visi misi Bupati dan Wakil Natuna saat ...