web site hit counter
Home / Natuna News / Bupati Natuna Menandatangani Komitmen Pengembangan Natuna Sebagai Geopark Nasional

Bupati Natuna Menandatangani Komitmen Pengembangan Natuna Sebagai Geopark Nasional

(WartaKominfo)  – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, berkesempatan menghadiri Rapat Penilaian Kenaikan Status dan Evaluasi Geopark (Taman Bumi) Nasional Tahun 2018 (Menuju Geopark Nasional) sebagai tindak lanjut Roadmap Rencana Nominasi Geopark Natuna sebagai Geopark Nasional dan Global Geopark Network (GGN) – UNESCO yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI di Ruang Rapat – Hotel San Sari Pasifik. Jakarta Pusat, Selasa (23/10/2018) kemarin.

Pada acara ini Bupati Natuna didampingi oleh Asisten Adminstrasi selaku Ketua Badan Pengelola Geopark Nasional, Izwar Aspawi, Kapala Disperbud Erson Gempa, Kepala BP3D Moestofa, dan Kadis Kominfo Raja Darmika. Serta Kabid Litbang BP3D Tukino.

Rapat ini sebagai tindaklanjut permohonan Pemerintah Daerah yang disampaikan kepada Menko Kemaritiman tentang permohonan penetapan menjadi Geopark Nasional. Pemerintah daerah yg mengajukan adalah Pemkab Bogor, Pemkab Kebumen, Pemkot Sawah Lunto,  Banyuwangi, Sijunjung, Kota Bukit Tinggi, Natuna,

Acara dibuka oleh Deputi IV (Bidang Koord SDM, IPTEK dan Budaya Maritim) Kemenko Kemaritiman, Safri Burhanuddin yang menekankan pentingnya menumbuhkan destinasi baru geopark. “Hal ini penting untuk menjaga kelestarian geopark. Sebagian besar wilayah geopark ada pada kawasan konservasi. Perlu ada kesamaan standar pengelolaan, pemerintah daerah perlu memperhatikan dan menjalankan juklak dan juknis yang telah ditetapkan. Kita berharap dengan adanya geopark maka lingkungan akan terjaga, ada 8 lokasi calon Geopark yang akan dinilai, semoga ke 8 lokasinya lulus menjadi Geopark Nasional”, tutur Safri

Selanjutnya Bupati Natuna bersama 7 Bupati/ Walikota yang juga mengusulkan Geopark, melakukan Penandatangan Komitmen  Pemerintah Daerah untuk pengembangan geopark jika nantinya daerah tersebut menjadi Geopark Nasional. Setelah sesi poto bersama, acara dilanjutkan dengan pemaparan Tim Penilaian dengan memaparkan prosedur penilaian dan katagori penilaian yang disusun mengikuti format dokumen dari UNESCO  Global Geopark yang meliputi geo konservasi, struktur kepengurusan, hal-hal yang dikembangkan. Setelah disampaikan prosedur penailian dan katagori penilian, acara dilanjutkan masing masing pemerintah daerah diberi kesempatan untuk memaparkan potensi geopark dilanjutkan diskusi tanya jawab.

Disela acara Hamid menyampaikan harapan dan komitmen terhadap pengembangan Geopark Natuna. “Semoga secepatnya, Pulau Natuna bisa menjadi Geopark Nadional. Ini adalah harapan besar bagi Pemkab Natuna, untuk mengembangkan daerah Natuna disektor Pariwisata dengan dijadikan natuna menjadi geopark natuna”, harap Hamid.

Pada kesempatan ini Kapala Disparbud Erson Gempa yang juga sebagai Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Natuna, menyampaikan Video Potensi Geopark yang ada di Natuna dan diusulkan untuk dijadikan Geopark Nasional yaitu Gunung Ranai, Tanjung Senubing, Alif Stone, Pulau Senua, Pantai Batu Kasah, Pulau Akar, Pulau Setenau, Pantai Lubang Kamak, Tanjung Datuk. Diakhir paparan, Erson memaparkan konsep MEA Turism (Marine, Eco, Arceology) yang merupakan konsep andalan Natuna untuk Pengembangan Pariwisata Natuna.

(Kominfo/Raja)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Jaminan Kesehatan Penduduk Natuna Hampir 100% Terintegrasi ke BPJS Kesehatan

(WartaKominfo) – BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan adalah Badan ...