Home / Natuna News / Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna

Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna

(wartaKominfo) – Rabu, 22 November 2023. Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis, Arsip Aset dan Arsip Terjaga di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna yang diselenggarakan di Ballroom Adiwana Jelita Sejuba. Jl. Raya Tanjung Kec. Bunguran Timur.

Dalam kesempatan ini Kadis Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Erson Gempa Apriandi, menyampaikan pada tahun 2024 pemerintah Kabupaten Natuna akan melaksanakan program kegiatan Srikandi yaitu sistem informasi kearsipan Dinamis terintegrasi.

“Infrastruktur dasar untuk penggunaan aplikasi Srikandi ini adalah Sumber Daya Manusia,” ungkap Erson dalam sambutannya.

Lebih lanjut Erson menerangkan ada tiga komponen kearsipan yang harus dilaksanakan yaitu buku klasifikasi arsip, jadwal resentasi arsip, sistem klasifikasi keamanan akses arsip dinamis.

“Tiga komponen ini harus dikuasai oleh seluruh operator-operator yang ada,” lanjut Erson.

Besar harapan kami Bapak Ibu operator bisa menyukseskan program kegiatan ini karena tahun depan kami sudah berkomitmen dengan ANRI , Insya Allah Natuna tahun depan siap melaksanakan Srikandi
Jadi pengelolaan arsip dinamis harus benar-benar dikuasai sebelum kita melaksanakan kegiatan SRIKANDi nantinya.

Mewakili Bupati Natuna, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Tasrif menuturkan tugas pokok dan fungsi pemerintahan pada bidang kearsipan memiliki fungsi strategis sebagai upaya menjaga dan memelihara serta melakukan pengelolaan rekam jejak dokumentasi yang pada dasarnya mempengaruhi berbagai kondisi terkini terutama dalam pelaksanaan pemerintahan proses pembangunan dan pelayanan tentunya.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang terjadi pelaksanaan bidang kearsipan juga mengalami pergeseran paradigma operasional yakni dengan memaksimalkan kemajuan teknologi informasi yang sedang terjadi.

“Sinergi program antara Dinas Komunikasi dan Informatika dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna menjadi salah satu bentuk komitmen bersama bagi meningkatkan sumber daya manusia pengelolaan kearsipan menuju sistem informasi kearsipan dinamis dan terintegrasi atau Kini lebih kita kenal dengan singkatan Srikandi,” Jelas Tasrif dalam sambutannya.

Melalui aplikasi Srikandi nantinya jejak informasi berbasis elektronik akan dapat terekam secara lebih baik sehingga nanti menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif pelaksanaan pemerintah dan pembangunan daerah khususnya.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 Hari dan dikuti 29 peserta dari Perwakilan Dinas Badan OPD Kabupaten Natuna.

Dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sudah selesai melaksanakan Sosialisai Manajemen Kearsipan kepada 18 OPD tentang pengelolaan arsip dinamis tinggal dua dinas lagi yaitu dinas kesehatan dan pendidikan yang akan segera dilaksanakan.

Untuk Kecamatan sudah 2 Kecamatan yaitu Bunguran Timur Laut dan Serasan Timur. Untuk desa ada sekitar 15 desa yang telah kita lakukan sosialisasi terkait arsip dinamis ini.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Isi Kuliah Subuh, Wakil Bupati Natuna Tekankan Pentingnya Shalat

(wartaKominfo) – Salah satu pelaksanaan visi misi Bupati dan Wakil Natuna saat ...