Home / Natuna News / Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Produk Dan Pengemasan

Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Produk Dan Pengemasan

(WartaKominfo) – Melimpahnya  Suber Daya Alam yang di miliki Natuna pada hakekatnya dapat manjadikan Natuna sebagai produsen produk olahan dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam  tersebut.

Di Natuna saat ini sudah banyak terdapat usaha-usaha rakyat yang menghasilkan berbagai produk olahan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki, baik berupa olahan makanan maupun kerajinan tangan. Dari produk olahan tersebut, belum banyak yang dapat dijual ke luar Natuna. Hal tersebut terkendala pada pemasarannya, baik dari biaya pengiriman yang mahal maupun masalah lebel dan kemasan yang belum tertata dengan baik, sehingga produk olahan dari Natuna belum banyak dikenal di luar Natuna.

Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah pemberdayaan SDM yang ada di Natuna sehingga dapat menghasilkan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam yang ada. Dalam hal ini, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BE CRAF) hadir di Natuna guna  memberikan bimbingan teknis peningkatan kualitas produk dan pengemasan kepada masyarakat Natuna yang memiliki usaha yang bergerak dibidang olahan sumber daya alam.

Dalam memasarkan produk-produk makanan hasil kreatifitas masyarakat, hal yang paling utama yang harus diperhatikan adalah kualitas produk dan pengemasannya. Ada beberapa jenis makan olahan yang memerlukan kemasan khusus sehingga dapat bertahan lama serta tidak mudah hancur. Wawasan inilah yang harus diberikan kepada masyarat, sehingga hasil produk olahan dapat lebih berkualitas oleh karena itu permasalahan pada pemasaran bukan hanya pada biaya pengirimannya saja. Hal tersebut disampaikan Ariana Susanti , tim expert bidang kemasan.

“Sekarangkan ere digital, sebenarnya memberikan kesempatan bagi kita semua. Mereka hanya memikirkan kendala, padahal kendala dapat kita jadikan peluang jika mempunyai daya juang “, ungkap Ariana kepada Awak Media, Rabu (28/03) di Rumah Kreatif BUMN Telkom Natuna.

Pelaksanaan bimbingan teknis tersebut akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 28 s/d 30 Maret 2018, yang akan dilaksanakan di tiga tempat, yaiti Ranai Kota, Pian Tengah dan Sepempang.

(Diskominfo/Sumardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Wabup Pimpin Apel 17 Hari Bulan Juli 2018

(WartaKominfo) – Wakil Bupati Natuna Dra Hj Ngesti Yuni Suprapti menjadi pemimpin ...