Home / Natuna News / Bupati Natuna Hadiri Malam Ta’ruf MTQ IX Tingkat Kabupaten Natuna Di Kecamatan Bunguran Timur Laut

Bupati Natuna Hadiri Malam Ta’ruf MTQ IX Tingkat Kabupaten Natuna Di Kecamatan Bunguran Timur Laut

Upaya melestarikan nilai-nilai Qur’an ditengah kehidupan masyarakat menjadi salah satu dasar pelaksanaan pembangunan, terutama bagi membendung berbagai pengaruh negatif dari kemajuan yang berhasil dicapai. Untuk itu, pengenalan Al Qur’an harus diselenggarakan sejak dini, sehingga beriring waktu, generasi muda yang nantinya akan menggantikan berbagai posisi sebagai penggerak pembangunan, memiliki bekal keimanan dan ketakwaan yang memadai.

Hal ini di sampaikan Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal dalam sambutannya pada acara Malam Ta’aruf yang merupakan rangkaian kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) IX tingkat Kabupaten Natuna, tahun 2018, bertempat di Astaka Kecamatan Bunguran Timur Laut, senin (26/03) Malam.

Hamid Rizal juga memaknai Malam Ta’ruf ini sebagai salah satu momentum penting, dimana sebagai umat mayoritas hendaknya dapat terus menjaga keharmonisan, kepedulian terhadap sesama dan silaturrahmi yang harus terus terjalin terutama antara Pemerintah Daerah dan kaum Muslimin, sebagai sebuah kekuatan bagi mewujudkan percepatan pembangunan di Kabupaten Natuna.

selanjutnya Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kabupaten Natuna, Ngesti Yuni Suprapti menyampaikan bahwa dalam menjalankan program kerjanya, LPTQ Kabupaten Natuna telah mengadakan beberapa kegiatan, diantaranya Pembinaan pada cabang Hifzil Qur’an yang berpusat di Pesantren Nurul Jannah Bandarsah Ranai, Pembinaan Khotil Qur’an dan Tilawah Qur’an di Masjid Agung Natuna selama Sembilan bulan, dimana peserta kegiatan merupakan perwakilan pelajar dan masyarakat umum. Untuk kedepan, program ini akan diterapkan diseluruh Kecamatan se-Kabupaten Natuna.

Selain itu, Ngesti juga menjelaskan bahwa LPTQ Kabupaten Natuna juga sudah menjalin kerjasama dengan LPTQ Kabupaten Karimun dan menghasilkan beberapa kesepakatan, diantaranya terkait sinergitas LPTQ dengan Pemerintah Daerah, Manajemen Pembinaan Qori dan Qori’ah serta rencana mendirikan Rumah Tahfiz sebagai wadah untuk menciptakan Duta Tilawatil Qur’an yang lebih baik dan berdaya saing.

Camat Bunguran Timur Laut, Ahmad menyampaikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan kepada Kecamatan Bunguran Timur Laut sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ IX kali ini, serta mengucapkan selamat datang kepada 15 kafilah yang telah hadir untuk berlomba dan mengukir prestasi.

Ahmad mengakui bahwa sebagai tuan rumah, segala potensi yang ada telah dilibatkan bagi menyempurnakan kesiapan pelaksanaan perhelatan ini. Namun diakui masih banyak kekurangan yang hendaknya menjadi perhatian dan evaluasi bersama bagi penyelenggaraan MTQ dimasa hadapan.

Pada kesempatan tersebut, Camat Bunguran Utara, Izhar menyerahkan Piala Bergilir atas prestasi Kecamatan Bunguran Utara  yang berhasil meraih juara umum  pada MTQ VIII kepada Bupati Natuna, selanjutnya diserahkan kepada LPTQ Kabupaten Natuna untuk diperebutkan kembali pada ajang MTQ IX kali ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Anggota DPRD, Sekretaris Daerah dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, pimpinan Lembaga Vertikal, Perbankan dan Pengurus Partai Politik serta tokoh masyarakat dan seluruh kafilah dari 15 Kecamatan se-Kabupaten Natuna dan pengunjung.

(Humas_Pro/hson/Alex)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemda Natuna Gelar Upacara Memperingati HUT RI ke 73

(WartaKominfo) – Permerintah Daerah Kabupaten Natuna menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati ...