Home / Natuna News / Buka Manasik Haji Kabupaten Natuna, Wabup : Luruskan Niat, Fokus Beribadah

Buka Manasik Haji Kabupaten Natuna, Wabup : Luruskan Niat, Fokus Beribadah

(wartaKominfo) – Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar acara Pembukaan Manasik Haji Kabupaten Natuna Musim Haji 1444 H. Rabu, (17/05/23) di Asrama Haji Komplek Mesjid Agung Natuna. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda.

Dalam sambutannya, Rodhial Huda berpesan agar calon jamaah haji Natuna meluruskan niat dan fokus untuk beribadah ketika ditanah suci kelak.

“Bapak Ibu sekalian adalah orang orang pilihan Allah, banyak orang yang ingin naik haji tapi belum dimampukan, orang yang sudha mampu tapi belum ada panggilan. Maka, gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Luruskan niat dan fokus beribadah” kata Rodhial

Lebih lanjut Rodhial juga mengatakan agar calon jamaah haji Natuna nantinya berkata-kata yang baik dan mendokan hal-hal baik untuk Natuna ketika ditanah suci.

“Dengan keberangkatan bapak ibu semua, semoga Natuna mendapatkan keberkahan. Berkata kata yang baik dan doakan yang baik untuk Natuna. Semoga menjadi haji yang mambrur dan bisa menjadi contoh untuk kami yang belum nanti nya ketika pulang haji” ucap nya.

Sementara itu Kabag Kesra Natuna, Sudirman dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan manasik haji dilakukan supaya calon jamaah haji lebih matang lagi untuk persiapan ibadah haji nantinya Meskipun sebelumnya sudah belajar sendiri, sudah diadakan manasik dari tingkat kecamatan.

“manasik haji merupakan sebuah pelatihan tentang pelaksanaan ibadah haji secara menyeluruh yang wajib diikuti oleh calon jamaah. Manasik Haji ini sangat penting sebagai bekal kita nanti ditanah suci dalam menjalankan berbagai rangkaian ibadah haji” tutur Sudirman.

Ia juga menyampaikan bahwa kuota Haji Indonesia tahun 1444 H/2023 M berjumlah 221.000 jamaah yang terdiri regular 203.320, khusus 17.680 dan petugas 4.200. Sedangkan untuk Kabupaten Natuna kuota nya berjumlah 101 orang.

Lebih lanjut Sudirman juga mengatakan Pemda Natuna menggratiskan biaya medical check up Calon jamaah haji Natuna , termasuk acara manasik yang dilakukan pada hari ini.

Pada kesempatan tersebut juga diinformasikan bahwa, calon jamaah haji kabupaten Natuna akan diberangkatkan pada hari Sabtu, 20 Mei 2023 menggunakan armada Nam Air.

Diakhir sambutanya, Sudirman berpesan agar calon jemaah haji Kabupaten Natuna dapat menjaga kesehatan, serta mempersiapkan diri baik fisik maupun mentalnya.

“Semoga dalam melaksanakan ibadah hajinya bisa memenuhi syarat dan rukunnya, sehingga saat kembali mendapatkan predikat haji yang mabrur dan hajjah yang mabruroh” tutup nya.

(Diskominfo/Fera)

x

Check Also

Pemkab Natuna Gelar Rapat Koordinasi Jelang Pelaksanaan Natuna Geopark Fishing 2024

(wartaKominfo) – Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Natuna Geopark Fishing ...