Home / Natuna News / Buka Musrenbang Kecamatan Pulau Seluan, Wakil Bupati Natuna: Fokus kepada Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Ekonomi

Buka Musrenbang Kecamatan Pulau Seluan, Wakil Bupati Natuna: Fokus kepada Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Ekonomi

(wartaKominfo) – Pemerintah Daerah Natuna yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda beserta Tim Asistensi melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di Kecamatan Pulau Seluan untuk Tahun Anggaran 2025 dengan mengusung tema “Pemantapan Pembangunan Ekonomi Maritim Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Natuna Yang Unggul dan Sejahtera” yang bertempat di Gedung Serba guna Kecamatan Pulau Seluan (01/02/2024) pagi.

Dalam laporan Camat Pulau Seluan, Emil Lismana kepada Wakil Bupati Natuna menyampaikan bahwa Musrembang tingkat desa telah dilaksanakan dan banyak sekali aspirasi dari seluruh elemen masyarakat.

“Alhamdulillah Bapak Wakil Bupati bahwa Musrembang tingkat desa yaitu di Desa Kelarik Barat dan Desa Seluan Barat telah dilaksanakan yang terdiri dari seluruh elemen masyarakat karena berhubung Kecamatan Seluan ini baru berdiri sekitar 1 Tahun 1 Bulan kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk membangun Kecamatan Seluan ini. Dengan umur yang masih seumur jagung tentu banyak juga usulan pembangunan fisik untuk menunjang kegiatan administrasi pemerintahan dan kegiatan ekonomi masyarakat,” ujar Camat Pulau Seluan, Emil Lismana.

Kemudian Camat Pulau Seluan, Emil Lismana menambahkan dalam laporannya menyampaikan bahwa Kecamatan Pulau Seluan dengan total penduduk 812 jiwa Potensi Ekonomi Kecamatan Pulau Seluan sangat berlimpah seperti produksi Ikan, Cengkeh, Kelapa, Pisang, Mangga, Cabe rawit, dan Ubi kayu.

“Alhamdulillah dengan penduduk yang berjumlah 812 jiwa ini, Kecamatan kita memiliki potensi ekonomi yang berlimpah. Alhamdulillah kita pertahunnya berhasil memproduksi ikan sebanyak 130 ton, Cengkeh sebanyak 130 ton, Kelapa sebanyak 20 ton, Pisang sebanyak 5 ton, Mangga sebanyak 50 ton, Cabe Rawit sebanyak 2 ton, dan Ubi kayu sebanyak 1 ton,” tambah Camat Pulau Seluan, Emil Lismana.

Selanjutnya dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis BPJS ketenagakerjaan Asuransi Nelayan kepada Kepala Desa Kelarik Barat dan Kepala Desa Seluan Barat yang di mana Asuransi Nelayan merupakan salah satu bentuk perlindungan kepada nelayan Kecil dalam rangka keberlangsungan kegiatan usaha penangkapan ikan dengan tujuan memberikan jaminan perlindungan untuk menghindari risiko yang dialami nelayan pada masa yang akan datang. Nelayan yang ikut serta dalam BPJS Ketenagakerjaan akan mendapat bantuan biaya perawatan tanpa batas sesuai indikasi medis hingga sembuh apabila mengalami kecelakaan kerja dan jika peserta program jaminan meninggal dunia karena kecelakaan kerja maka ahli warisnya berhak mendapatkan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

kemudian dalam Sambutan Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda menyampaikan bahwa Musrenbang untuk Tahun Anggaran 2025 difokuskan kepada Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Ekonomi.

“Biasanya Musrenbang itu rata-rata kecamatan mengusulkan untuk pembangunan fisik seperti jalan, gorong-gorong, dll. Tetapi untuk Tahun Anggaran 2025 ini kami berharap Kecamatan untuk mengusulkan pembangunan manusia dan ekonomi jadi nanti walaupun ada usulan pembangunan infrastruktur tetapi harus bisa juga menunjang pembangunan ekonomi dan khususnya Kecamatan Pulau Seluan kami harap untuk bisa mandiri secara ekonomi nantinya,” ujar Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda.

Selanjutnya Wakil Bupati Natuna menambahkan dalam sambutannya bahwa dengan Potensi Kecamatan Seluan yang banyak dalam hal pembangunan ekonomi maka mari kita fokuskan sama-sama dalam pembangunan ekonomi tersebut.

“Dengan potensi ekonomi Kecamatan Pulau Seluan seperti yang disampaikan Pak Camat tadi maka nanti mari kita upayakan, kita maksimalkan potensi ekonomi tersebut karena dengan ekonomi yang baik maka kualitas masyarakat kita juga menjadi baik dan sejahtera. Maka dengan pertimbangan-pertimbangan tadi semoga nanti usulan-usulan Musrenbang hari ini menghasilkan usulan yang bermanfaat bagi masyarakat Pulau Seluan ini dan dengan ini dengan resmi saya buka Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan Pulau Seluan”.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan pembahasan Rencana Pembangunan Kecamatan Pulau Seluan. Berikut beberapa usulan prioritas yang diusulkan Kecamatan Pulau Seluan di antaranya adalah:
1. Pembangunan beberapa ruas jalan, bahu jalan, dan penerangan jalan.
2. Pembangunan infrastruktur Kantor Pemerintahan Kecamatan Pulau Seluan beserta Puskesmas Pulau Seluan.
3. Pembangunan rumah layak huni.
4. Pembangunan Pelabuhan Perintis beserta rambu-rambu laut.
5. Pembangunan infrastruktur sarana dan prasana sekolah-sekolah.
6. Pembebasan lahan untuk fasilitas masyarakat seperti lapangan bola, Posyandu, Kantor Polisi, pembangunan kantor Babinsa dan Posal.
7. Pengadaan sarana dan prasarana alat tangkap nelayan beserta sampan.
8. Pembangunan tanggul penahan tanah dan tanggul penahan ombak.
9. Penyediaan jaringan/instalasi Komunikasi dan Informasi.
10. Pengadaan pupuk dan obat pembasmi hama.

Diskominfo/QThariq

x

Check Also

Wakil Bupati Rodhial Hadiri Haflah Sekaligus Wisuda Tahfiz SMP IT NIQ T.A. 2023/2024. 

(WartaKominfo) – Wakil Bupati, Rodhial Huda menghadiri Haflah sekaligus wisuda tahfiz SMP ...