web site hit counter
Home / Natuna News / Bupati Natuna Jelaskan Penanganan Covid-19 Melalui Sambungan Video Teleconference

Bupati Natuna Jelaskan Penanganan Covid-19 Melalui Sambungan Video Teleconference

Tgl Rilis: Thursday, 9 April 2020 | 11:34

Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si., mengikuti rapat koordinasi bersama Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia, melalui sambungan Video Teleconference, Rabu (08/04) pagi.

Rapat tersebut membahas mengenai penanggulangan penyebaran Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19) di seluruh Indonesia. Dalam hal ini Pemerintah Pusat melalui Instruksi Presiden RI Ir. Joko Widodo, meminta agar setiap Pemerintah Daerah tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota maupun lembaga vertikal, dapat membuat kebijakan yang sinkron dengan Pemerintah Pusat, dalam rangka menangani virus corona.

Dalam hal ini Presiden juga memberikan Instruksi kepada seluruh Kepala Daerah tingkat I dan II, agar segera membentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 didaerah mereka masing-masing.

Dalam kesempatan itu Hamid Rizal menyampaikan, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna sendiri juga telah membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, dengan melibatkan unsur TNI, POLRI, serta sejumlah Lembaga terkait lainnya, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Daerah ujung Utara NKRI. Satgas tersebut di komandoi oleh Dinas Kesehatan setempat.

Selain itu, Pemerintah Daerah Natuna juga telah menyiapkan dana siaga sebesar Rp 15 milyar, yang bersumber dari pemangkasan biaya perjalanan Dinas Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Assisten hingga ketingkat pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dana penyertaan modal serta post dana tanggap bencana.

Beberapa langkah lain juga telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah demi menjaga stabilitas ekonomi daerah dan masyarakat ditengah pandemi Covid-19 ini. Diantaranya menyalurkan bantuan pangan kepada masyarakat, penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas kesehatan, rapid test, mengeluarkan himbauan social distancing, menyurati pihak Koperasi Simpan Pinjam (KSP) agar menangguhkan cicilan harian bagi pelaku usaha kecil menengah, menunda beberapa event rutin tahunan, serta beberapa upaya lainnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Natuna, Uraidah Manta menyebutkan, bahwa Pemerintah juga telah menyiapkan masker sebanyak 100.000 lembar, yang siap dibagikan secara gratis kepada masyarakat Natuna.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) juga telah menggelar rapat terbatas yang dipimpin oleh Plt. Gubernur Isdianto, bersama seluruh Kepala Daerah via Video Teleconference, dalam rangka memerangi virus yang belum ada faksinnya tersebut.

Dalam ratas itu Isdianto juga mengintruksikan, agar seluruh Kabupaten/Kota se Kepri segera mengambil langkah bagi memutus mata rantai Covid-19, yang sudah mulai masuk di Provinsi tersebut.

Turut ikut dalam Video Conference itu, Menteri Pertanian, Menteri BUMN, Menteri Perdagangan dan Perindustrian, Menteri Tenaga Kerja, Sekjen Menteri Kelautan dan Perikanan serta para Kepala Daerah ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia. (Pro_Kopim/Endang)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemerintah Kabupaten Natuna Kembali Raih WTP dari BPK, Bupati Apresiasi Kinerja OPD

Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), kembali meraih predikat Wajar ...