Home / Natuna News / Dibekali Alutsista Terkini, 4 Kesatuan Udara Diresmikan KSAU, 2 Diantaranya ada di Natuna

Dibekali Alutsista Terkini, 4 Kesatuan Udara Diresmikan KSAU, 2 Diantaranya ada di Natuna

MEDIAKEPRINatuna –  Kepala Staf TNI AU (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, sebagai negara kepulauan yang luas Indonesia menghubungkan dua benua dan dua samudra.

Kondisi tersebut menurut Kasau, membuat Indonesia menjadi wilayah yang sangat strategis bagi pelayaran maupun penerbangan dunia.

“Kandungan Sumber Daya Alam (SDA) yang terkandung didalamnya, membuat wilayah ini menjadi area yang sangat menjanjikan, namun disisi lain, mengundang resiko ancaman, dari pihak lain,” ucapnya saat memberikan sambutan dalam kegiatan peresmian Skadron Udara 52, Denhanud 475, 476 dan 477 Paskhas di Ranai, Jumat 22 Oktober 2021.

Peresmian empat kesatuan secara serentak, menurut Prasetyo, merupakan bagian dari upaya pembangunan kekuatan TNI AU khususnya dalam pengembangan dan validasi organisasi, agar terwujud satuan dan sistem kerja yang semakin efektif dan efisien.

“Sebagai upaya untuk memastikan terlindungnya kekuatan negara di udara secara khusus,” terangnya.

Prasetyo juga menyampaikan, bahwa sebagai negara yang cinta damai, yang menganut prinsip bebas aktif. Indonesia tentunya tidak mengharapkan terjadinya konflik, akan tetapi harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi.

“Empat kesatuan ini akan mengamati dan melindungi ruang udara kita dari kemungkinan serangan yang datang khususnya dari udara,” ucap Kasau.

Peningkatan kekuatan udara bukan bertujuan untuk menimbulkan ketegangan di kawasan, akan tetapi, menciptakan Angkatan Udara yang disegani di kawasan, serta  untuk memastikan keselamatan dan kedaulatan negara.

Sebagai Komandan Skadron dan Datasemen Pertahanan Udara yang dibekali dengan alat utama sistem persenjataan (alutsista) terkini, Kasau berpesan, untuk selalu bekerja dengan tangguh, teliti dan cerdas.

“Ketahanan mental, dengan latar belakang pengalaman serta kemampuan yang dimiliki, saya yakin saudara semua dapat menjalankan tugas dengan baik,” pesannya.

Berikut nama-nama komandan satuan yang dilantik oleh Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Komandan Skadron Udara 52 Natuna, Letkol Pnb Dion Aridito, Komandan Denhanud 477 Paskhas Natuna, Lekol Pas Frian Alfa Risdar, Komandan Denhanud 475 Paskhas Pekanbaru, Letkol Pas Tatag Wicaksono, dan Komandan Denhanud 476 Paskhas Iswahjudi, Letkol Pas Habib Yuwono Prasetya.***

Editor: Amril

Sumber: https://www.mediakepri.co/kepri/pr-1031516094/dibekali-alutsista-terkini-4-kesatuan-udara-diresmikan-ksau-2-diantaranya-ada-di-natuna

x

Check Also

Tembus Rp1,040 T, Pendapatan APBD Natuna 2022 Masih Didominasi Transfer Pusat

MEDIAKEPRI, DPRD Natuna menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Natuna tentang ...