Home / Natuna News / Bupati Natuna Sampaikan LPP APBD Tahun Anggaran 2021 Pada Rapat Paripurna DRPD Natuna

Bupati Natuna Sampaikan LPP APBD Tahun Anggaran 2021 Pada Rapat Paripurna DRPD Natuna

(wartaKominfo) – Selasa, 28 Juni 2022 Bupati Natuna menyampaikan Laporan Pelaksanaan Pertanggungjawaban (LPP) pada Rapat Paripurna DPRD Kab. Natuna bertempat di ruang sidang DPRD Ruang Rapat Paripurna DPRD Natuna, Kel. Batu hitam, Kec. Bunguran Timur yang dihadiri FKPD beserta Kepala OPD dan dipimpin langsung Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar beserta Anggota DPRD,

Wan Siswandi Bupati Natuna dalam pidatonya menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD dengan dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh badan pemeriksa keuangan paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Kemudian Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah, iniah yang menjadi pedoman dalam pengelolaan keuangan daerah tahun anggaran 2021. Proses penganggaran dalam penyusunan APBD menggunakan pendekatan yang disebut dengan penyusunan anggaran berbasis kinerja.

“Predikat tertinggi dalam penilaian laporan keuangan ini merupakan kali ketujuh secara keseluruhan atau kali kelima secara berturut-turut diraih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna. Opini tersebut menjadi salah satu dari empat kriteria utama sebagai penentu layak atau tidaknya mendapatkan alokasi dana insentif daerah (DID)”. Jelas Siswandi.

Selanjutnya Bupati juga menjelaskan penyajian laporan keuangan dilakukan sesuai dengan standart akuntansi pemerintahan paling sedikit meliputi: laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan yang dilampiri dengan ikhtisar laporan keuangan BUMD.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dan mendalam tentang pelaksanaan berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan sepanjang tahun anggaran 2021, Bupati Natuna mempersilakan kepada Pimpinan dan Anggota DPRD untuk melihat rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 yang memuat secara rinci mengenai pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2021.

Sebelum mengakhiri penyampaian pidato dan penyerahan buku laporan pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2021. Bupati menuturkan tahun anggaran 2021 merupakan tahun yang berat dimana APBD dan segenap sumber daya yang dimiliki oleh pemerintah kabupaten natuna diprioritaskan untuk menanggulangi pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN) sebagaimana kebijakan prioritas dari pemerintah pusat.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Ahli Madya Analisis Hukum Sertda Natuna Hadiri Acara Pelantikan Mahasiswa Baru Pem Akamigas Tahun 2022.

(wartaKominfo) – Ahli Madya Analisis Hukum Sertda Natuna Erliyansyah mewakili Pemerintah Kabupaten ...