Home / Natuna News / Desa Pengadah Gelar Puncak Peringatan Harganas XXVI dan Ulang Tahun Kampung KB Desa Pengadah Tahun Pertama

Desa Pengadah Gelar Puncak Peringatan Harganas XXVI dan Ulang Tahun Kampung KB Desa Pengadah Tahun Pertama

Bupati Natuna yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Tasrip, S.Sos, menghadiri acara Hari keluarga Nasional (Harganas)  XXVI yang disejalankan dengan Ulang Tahun Kampung KB Desa Pengadah, bertempat di Lapangan Bola Kaki Desa Pengadah, Rabu (31/07) pagi.

Turut hadir beberapa pimpinan  Organisasi Perangkat Daerah terkait, Kapolsek, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Natuna beserta anggota, Perwakilan BKKBN Kepulauan Riau, Sekretaris Camat beserta  jajarannya dan masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut Tasrip menyampaikan program Kampung KB mempunyai arti penting dalam mewujudkan manusia Indonesia sejahtera. Disamping program pendidkan dan kesehatan, Kampung KB merupakan salah satu Inovasi Strategis dalam program kependudukan, pembangunan keluarga secara utuh, terintegrasi dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat ditingkat Dusun/ Desa untuk mewujudkan keluarga berkualitas.

Dikatakan pula kampung KB adalah miniatur program KB secara terpadu dan konprehensif ditingkat desa dan kelurahan, dimana  konsep yang diterapkan dalam program ini yaitu memadukan program KB dengan program pembangunan lain seperti pendidikan, kesehatan, Ekonomi, social Budaya , lingkungan Infrastruktur dan lain-lain.

Oleh karena itu partisipasi dan sinergi program dari organisasi perangkat daerah sangat penting sehingga pelayanan program KB paripurna dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Tasrif juga menambahkan bahwa Harganas harus menjadi momentum dalam mengingatkan kembali untuk berinteraksi dengan keluarga dan senantiasa menjadikan kebahagiaan keluarga sebagai prioritas dalam menjalani kehidupan tanpa melupakan tanggung jawab lainnya.

Pada Kesempatan yang sama Sekretaris Camat Bunguran Timur Laut, Efendi  melaporkan bahwa  peringatan HARGANAS yang diperingati pada 29 juni setiap tahunnya, merupakan puncak kristalisasi pejuang keluarga berencana untuk memperkuat program KB.

Selama kurun waktu 20 tahun, sudah banyak keberhasilan yang bukan hanya mencegah terjadi ledakan jumlah penduduk, tapi hasil akhirnya adalah mampu secara perlahan meningkatkan kualitas penduduk, bahkan Indonesia mendapatkan UN population AWARD yaitu sebuah penghargaan kepada Negara yang berhasil menahan pertumbuhan populasi, sehingga tahun 2012 presiden menetapkan tanggal 29 Juni sebagai hari keluarga nasional.

Adapun rangkaian acara yang telah dilaksanakan selama bulan Juli 2019 baik di Desa Pengadah maupun Ranai yaitu; Jambore Remaja pada tanggal 1-3 Juli Desa Pengadah yang melibatkan 72 orang remaja dari Pulau Bunguran, Pemilihan Duta Genre (Duta Generasi Berencana), lomba –lomba desa diantaranya, Volley Ball, antar Kampung KB, Lomba Renang, Lomba Dayung, KB masal Gratis dan permainan anak-anak masa dulu.

Adapun beberapa permainan anak zaman dulu yang digelar diantaranya seperti Lompat Tali, Congkak, Guli, Lempar Sandal, Gasing, Batu Simbeng, Jingklak, Main Galah dan lain-lain. (Humas_Pro/Endang/Ery)

RILIS PERS, Nomor : 923 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemkab Natuna Gelar Malam Resepsi Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74, Tahun 2019

Setelah menyelenggarakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, ...