Home / Natuna News / Pentingnya Penganekaragaman Konsumsi Pangan B2SA

Pentingnya Penganekaragaman Konsumsi Pangan B2SA

(wartaKominfo) – Ketersediaan pangan yang cukup tidak menjamin perwujudan ketahanan pangan pada rumah tangga dan individu. Berkaitan dengan hal tersebut, penganekaragaman pangan menjadi salah satu pilar utama dalam mewujudkan ketahanan pangan menuju kemandirian dan kedaulatan pangan.

Salah satu strategi dasar untuk mewujudkan perbaikan konsumsi pangan masyarakat agar beragam, bergizi seimbang dan aman adalah melalui upaya peningkatkan kesadaran  masyarakat terhadap pentingnya pengankaragaman konsumsi pangan B2SA.

Dalam hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Natuna  telah melakukan kegiatan berupa Sosialisasi Penganekaragaman Konsumsi Pangan dan Promosi untuk masyarakat Natuna melalui Ibu-ibu PKK di setiap Desa dan Kecamatan di Kabupaten Natuna.

Sekretaris DKP, H. Ramlis  mengatakan pihaknya telah menggelar Sosialisasi tersebut sebanyak 15 kali dalam tahun 2018 yang diikuti oleh 15 Kecamatan se- Kabupaten Natuna dengan peserta berjumlah 20 orang yang merupakan pengurus atau anggota PKK Kecamatan, Kelurahan, dan Desa.

Selain bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penganekaragaman konsumsi pangan B2SA ini, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membiasakan atau membudidayakan penganekaragaman konsumsi pangan di kehidupan masyarakat Natuna sehari-hari.

Sedangkan materi yang dipaparkan oleh narasumber pada kegiatan tersebut adalah :

  1. Konsumsi pangan Bergizi, Berimbang, Seragam dan Aman (B2SA)
  2. Optimalisasi pemanfaatan pekarangan.
  3. Penyusunan menu B2SA.

Materi Sosialisasi dan Materi Penyusunan Menu B2SA diberikan oleh narasumber yang berasal dari Dinas Ketahanan Pangan. Diakhir kegiatan,  DKP melakukan praktek menyusun menu B2SA tersebut.

Selain melakukan sosialisasi, DKP juga mengadakan Lomba Cipta Menu B2SA dengan tema Peningkatan dan Pengembangan Promosi Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan.

Perlombaan tersebut bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan,  menyusun dan menciptakan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal.

Sekretaris DKP Kabupaten Natuna, H.Ramlis berharap kegiatan ini akan terus berlanjut.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus berlanjut, dan memberikan manfaat untuk masyarakat. ” kata H. Ramlis saat dijumpai wartaKominfo di Ruang kerjanya. Senin, (03/12/2018).

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Momen Peringatan HUT DWP, Wabup Ingatkan Peranan Strategis Anggota Dharma Wanita

(WartaKominfo) –  Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti mengatakan bahwa sebagai organisasi ...