web site hit counter
  SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA  
Home / Natuna News / Dinas Kesehatan Natuna Kampanyekan Gerakan Sehat Bersama Masyarakat di Tengah Pandemic

Dinas Kesehatan Natuna Kampanyekan Gerakan Sehat Bersama Masyarakat di Tengah Pandemic

Tgl Rilis: Tuesday, 24 August 2021 | 15:17

(wartaKominfo) – Pemerintah terus mengkampanyekan agar masyarakat menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah Stunting. Kampanye ini menjadi selaras dengan mewabahnya Virus COVID-19. Pemerintah melakukan gerakan sosial 3P (Pahami, Perduli dan Partisipasi), Gerakan sosial ini memberdayakan masyarakat untuk Peduli, mulai peduli lingkungan sekitar, lihat kondisi balita di keluarga atau lingkungan sekitar.

Selasa, 24 Agustus 2021 dalam Dialog bersama RRI Ranai, Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna yang hadir sebagai narasumber menyampaikan gerakan sehat bersama masyarakat harus di mulai dari lingkungan yang paling kecil yaitu lingkungan keluarga, hal ini diimplementasikan dengan partisipasi oang tua untuk membawa anak anaknya ke posyandu. Syarifah Maryam Kabid Kesehatan masyarakat menjelaskan bahwa system imunne sangat dipengaruhi oleh makan yang dikosumsi.

“Penguatan system immune harus dimulai dengan memperhatikan makan yang kita kosumsi, apakah makanan yang kita kosumsi mengandung gizi atau vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Salah satunya adalah pemenuhan vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan antibodi kita. Dalam pemenuhan Vitamin A untuk anak anak makanya Dinas Kesehatan memberikan dukungan dengan pemberian kapsul penambah darah yaitu berupa pil biru dan pil merah” Ujar Syarifah Maryam.

Syarifah Maryam juga menjelaskan edukasi kepada masyarakat adalah fokus dari dinas kesehatan untuk mengkampanyekan gerakan hidup sehat bersama masyarakat.

“Karena kita dimasa pandemic proses sosialisasi dan edukasi lebih banyak kita laksanakan dengan memanfaatkan sosial media, selain itu kitan juga melakukan dialog dialog seperti ini untuk memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat. Kita juga punya tim yang turun langsung kelapangan untuk melakukan penyuluhan kesehatan” jelas Syarifah Maryam.

Daeng Zuliani, Kasi Kesehatan Gizi dan Keluarga Dinas Kesehatan Natuna yang juga hadir sebagai narasumber menyampaikan meskipun dalam kondisi pamdemic pelayanan posyandu tetap dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“meskipun dalam kondisi pamdemic pelayanan posyandu tetap dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Namun hanya beberapa titik saja yang boleh melakukan pelayanan agar mudah melakukan pengawasan. Di kedaan pandemic saat ini kita maksimalkan pelayanan kita door to door kemasyarakat untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan posyandu untuk anak anak. Ada banyak edukasi yang kita lakukan dalam kampanye gerakan sehat bersama masyarakat salah satunya seperti yang disampaikan oleh ibu kabid tadi yaitu membangun system immune melalui kosumsi makanan.” Jelas Daeng Ziliani.

Diakhir dialog masing masing narasumber berharap dengan adanya edukasi kesehatan kepada masyarakat, gerakan sehat bersama masyarakat dapat menjadi langkah yang efektif untuk meningkatkan system immune anak dan ibu dalam mencegah dan memutuskan rantai penyebaran virus covid 19. (Diskominfo/patli)

Gedung B Lantai II P. Senoa, Jl. Batu Sisir, Bukit Arai, Kab. Natuna 29783, Indonesia.
Email: mail@natunakab.go.id, Telp: 0821 6944 1216 / 0811 7755 520 (WA only)
x

Check Also

Natuna Jadi Kawasan UNESCO Global Geopark, Bupati Harap Jadi Penguatan Strategis

(wartaKominfo) – Bupati  Natuna Wan Siswandi menghadiri kegiatan Diskusi Bersama Ketua Badan ...