Home / Natuna News / Gratiskan Biaya Penyambungan Baru, Wan Siswandi Minta PDAM Terus Alirkan Air Ke Bunguran Tengah

Gratiskan Biaya Penyambungan Baru, Wan Siswandi Minta PDAM Terus Alirkan Air Ke Bunguran Tengah

(wartaKominfo) – Bupati Natuna, Wan Siswandi meminta kepada PDAM untuk menyambungkan pipa air milik PDAM ke pipa yang ada dan mengalirkan air ke sebagian penduduk Kecamatan Bunguran Tengah.

Hal tersebut dikarenakan Saat ini pipa PDAM yang terpasang hanya mampu melayani penduduk Ranai dan sekitarnya, Desa Subgai Ulu serta wilayah Air Kijang saja.

Meski hal ini membuat warga desa Sungai Ulu protes karena berkurangnya pasokan air, namun akhirnya kesepakatan dapat dicapai dengan disaksikan oleh seluruh perangkat desa dan air tetap dialirkan ke Buunguran Tengah namun dengan cara jam bergilir.

Menurut Bupati Natuna, hal ini ia lakukan agar sebagian warga Bunguran Tengah juga dapat merasakan air dari PDAM.

“Seluruh masyarakat di Pulau Bunguran Besar ini akan pendapat prlayanan maksimal terhadap kebutuhan air bersih dari PDAM, jika Embung Sebayar telah selesai dikerjakan,” ungkap Wan Siswandi.

Hal tersebut disampaikan Bupati pada Jum’at (21/07/23) sebelum rapat antara warga desa sungai Ulu terkait Penyambungan pipa ke Kecamatan Bunguran Tengah.

Tidaj hanya itu, Wan Siswandi juga meminta kepada PDAM untuk tidak memungut biaya penyambungan pipa untuk 50 ribu pelanggan baru.

Hal ini juga dibenarkan oleh Dirut PDAM Tirta Nusa Natuna, Zaharuddin bahwa sempat terjadi protes warga Sungai Ulu akibat penyambungan ke Bunguran Tengah tersebut, Jum’at (21/7).

“Kesepakatan untuk pemakaian air di Bunguran Tengah, dituangkan dalam surat perjanjian, agar tidak ribut nantinya,” terang Zaharuddin.

Zaharuddin juga menegaskan bahwa Embung Sebayar jawaban untuk permasalahan air bersih di Natuna. Menjelang pembangunan embung selesai, pihaknya terus mengoptimalkan sumber air yang ada dengan perbaikan intake dab Sara na lain yang rusak.

(Diskominfo/Fera)

x

Check Also

Meriahkan HUT WIDAMSAR, Sekda Natuna Ikuti Senam Bersama Masyarakat Natuna

(wartaKominfo) – Usai menghibur masyarakat Natuna dengan mendatangkan artis Ibukota pada Sabtu, ...