web site hit counter
Home / Natuna News / Indonesia Mengajar Gelar Kemah Pemuda Natuna

Indonesia Mengajar Gelar Kemah Pemuda Natuna

(wartaKominfo) – Menyikapi minimnya gerakan kolaborasi untuk membangun daerah bagi pemuda pemudi di era milenial, Tim Indonesia Mengajar angkatan ke 4 yang sedang mengabdi di Kabupaten Natuna menyelenggarakan kegiatan Kemah Pemuda Natuna.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Natuna (Disdikpora), Suherman di Aula Sekolah Tinggi Agama (STAI) Natuna Lantai 4. Acara akan berlangsung selama 3 hari 2 malam, (6 s/d 8 September 2019) yang diikuti oleh 30 peserta terbaik yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Natuna. Diantaranya yaitu Ranai, Kelarik, Batubi, Harapan Jaya, Sebuton, Ceruk, Cemaga, Mekar Jaya, Tanjung, Sungai Ulu, dan Kerdau, Subi. 30 peserta tersebut adalah yang lolos dari beberapa rangkaian seleksi.

Dalam sambutannya, Suherman Kadis Dikpora Kabupaten Natuna mengapresiasi inovasi-inovasi yang dilakukan Indonesia mengajar untuk anak-anak, pemuda dan masyarakat Natuna secara umum.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah dalam hal ini Disdikpora,mengapresiasi adek adek Indoesia Mengajar. Disamping tersebar mengajar pendidikan formal di beberapa Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Natuna, mereka juga selalu hadir dengan inovasi-inovasi untuk kemasyarakatan nya seperti salah satunya yang mereka lakukan adalah , RUBI (Ruang Berbagi Ilmu) yang berpusat di Kecamatan Serasan” tutur Suherman.

Sementara itu, Heru Tesar sebagai Koordinator Indonesia mengajar di Kabupaten Natuna mengatakan bahwa dalam konteks kerja sebagai pengajar muda, tugas utama mereka adalah mengajar. Namun, mereka melibatkan diri dalam urusan Desa, Kecamatan, bahkan Kabupaten.

“Kegiatan ini adalah proses kita melibatkan seluruh instansi atau seluruh stakeholder atau penggerak pendidikan yang peduli dengan pendidikan di Kabupaten Natuna” ujar Heru.

Heru mengatakan, materi yang akan diberikan pada kemah antara lain kepemimpinan, manajemen organisasi, wawasan kebangsaan, manajemen proyek sosial, penggalangan dana kreatif, pemuda anti hoaks dan Desain thinking.

Dipenutup acara, hadirin diminta untuk menuliskan harapan untuk kegiatan tersebut dan masukan untuk indonesia mengajar pada secarik kertas yang berbentuk ikan, lalu menempelkan harapan tersebut ke lukisan jaring ikan yang telah disiapkan panitia.

Acara tersebut dihadiri oleh kroala maupun perwakilan OPD, FKPD, Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Landmark Pantai Kencana diharapkan dapat Dukung Geopark Natuna

Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar Rapat Terbatas bagi membahas usulan CSR Hulu MIgas ...