web site hit counter
Home / Natuna News / Hari Statistik Nasional, Menuju Satu Data Indonesia

Hari Statistik Nasional, Menuju Satu Data Indonesia

Tgl Rilis: Jumat, 27 September 2019 | 02:12

(WartaKominfo) – Dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional yang jatuh pada tanggal 26 September 2019 sekaligus pernyataan dukungan terhadap Sensus Penduduk 2020 untuk seluruh wilayah di Indonesia khususnya Kabupaten Natuna, Badan Pusat Statistik (BPS) Natuna menggelar Syukuran dan Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 (SP2020) di Kantor BPS Natuna. Kamis, (26/09/2019). BPS sebagai pelaksana sensus hadir dan terus berupaya mensosialisasikan sensus yang diadakan 10 tahun sekali ini demi data kependudukan yang terintegrasi.

Sensus penduduk di Indonesia telah dilaksanakan pada tahun 1961, 1971, 1980, 1990, 2000, terakhir 2010, dan akan dilaksanakan kembali pada tahun 2020. Sensus penduduk berarti penghitungan kembali jumlah penduduk yang mendiami seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga jumlah penduduk dapat dilihat hingga tingkat desa.

Ketua BPS Natuna, Bustami menjelaskan bahwa data untuk SP2020 nanti dinyatakan terintegrasi dengan data e-KTP. Pelaksanaan sensus penduduk 2020 (SP2020) ini cukup berbeda dengan pelaksanaan sensus penduduk sebelumnya.

Selain itu, Bustami juga mengatakan jika sebelum ini kita sering terbentur perbedaan data kependudukan antara BPS dan Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjendukcapil) Kemendagri, maka pada pelaksanaan SP2020 ini diharapkan rantai masalah tersebut tidak ada lagi. “Karena sensus kali ini akan menggunakan metode kombinasi data Dukcapil Kemendagri, maka tak ada lagi data versi Dukcapil, Data versi BPS dll. Kedepannya data kependudukan indonesia akan satu data. Begitu pula data penduduk Natuna yang stay di Natuna. Satu Data Indonesia.”

Hal ini dapat terwujud karena pada SP2020 ini menggunakan metode kombinasi yaitu perpaduan pendataan sensus dengan data registrasi penduduk dalam hal ini KTP elektronik (e-KTP). Selanjutnya, BPS Natuna yang telah melakukan sosialisasi kesekolah-sekolah di Kabupaten Natuna juga telah mengadakan lomba pembuatan video iklan tentang sensus penduduk, lomba asah otak pengetahuan umum seputar sensus, juga lomba foto booth.

Pegelaran syukuran Hari Statistik Nasional yang diselenggarakan oleh BPS Natuna tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Natuna, jajaran FKPD, OPD, Lurah, Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepala Sekolah dan beberapa perwakilan siswa SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Natuna.
(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Ombudsman Perwakilan Kepri Gelar Sosialisasi SP4N LAPOR! Di Natuna

(wartaKominfo) – Sebagai Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, ...