Home / Natuna News / Jadikan Madrasah sebagai basis Pembentukan Generasi Religius

Jadikan Madrasah sebagai basis Pembentukan Generasi Religius

Keluarga Besar  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Natuna bekerjasama dengan  MAN 1 Natuna, MTs N 2 Ranai dan MI Darul Ulum Ranai menyelenggarakan Pawai Peringatan 10 Muharram 1440 hijriyah, bertempat di Pantai Kencana Ranai, kamis (20/9) pagi.

Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan ini “Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1440 H, Kita wujudkan Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat, Dari Madrasah Perbatasan untuk Indonesia Jaya”. Sedangkan peserta Pawai yang berjumlah kurang lebih 600 siswa-siswi berasal dari MAN 1 Natuna, MTs Negeri 2 Ranai dan MI Darul Ulum Ranai dan Marcing Band MAN 1 Ranai.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Natuna melalui Kasubbag TU, H. Nasoha,S.Ag  sebelum melepas rombongan pawai secara resmi, mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan kerjasama yang diberikan oleh seluruh unsur penyelenggara, sehingga acara ini dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Nasoha menjelaskan bahwa peringatan Tahun Baru Hijriyah hendaknya dapat dimaknai oleh seluruh umat Muslim sebagai momentum untuk menjadi lebih baik, membenahi diri dan keimanan untuk lebih dekat dengan sang penciptanya, sebagaimana proses hijrah Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah untuk mendapatkan peluang kebebasan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Kepada segenap peserta pawai, Nasoha juga berharap agar berhati-hati, mentaati peraturan lalu lintas yang berlaku, menghargai pengguna jalan, serta menunjukkan bahwa madrasah adalah tempat siswa-siswi menempa diri menjadi insan yang taat dan bermartabat.

Hal senada juga disampaikan Camat Bunguran Timur, Asmara Juana Suhardi,ST.,M.Si dalam sambutannya, dimana madrasah hendaknya dapat menjadi lembaga pendidikan kedua setelah keluarga untuk tempat menanamkan nilai-nilai islami sebagai bekal sumberdaya manusia menghadapi tantangan zaman.

Hal ini menjadi penting mengingat kondisi sosial terkini yang dipengaruhi kemajuan teknologi, kebebasan informasi yang tidak jarang berdampak buruk bagi proses pembentukan karakter generasi muda, mengubah pola hidup yang disesuaikan dengan bentuk pergaulan dunia barat telah menyebabkan terjadinya pengikisan moral dan akhlak tunas bangsa.

Oleh karenanya, Asmara Juana berharap kedepan agar Madrasah dapat lebih meningkatkan peranannya sebagai lembaga pendidikan berbasis agama untuk mendukung terciptanya sumberdaya manusia yang beriman, mampu membentengi diri dari berbagai pengaruh negatif yang pada gilirannya dapat mendukung terciptanya  nuansa sosial yang religi dan madani dalam pergaulan serta pelaksanaan pembangunan daerah.

Hadir pada kesempatan tersebut beberapa pejabat dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Natuna, para kepala sekolah dan tenaga pengajar dari MAN 1 Ranai, MTs Negeri 2 Natuna dan MI Darul Ulum Ranai, Lurah dilingkungan Pemerintah Kecamatan Bunguran Timur, serta beberapa Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Kegiatan pawai berjalan lancar dengan didukung oleh beberapa unsur, diantaranya personil Patwal Polres Natuna Satuan Lalu Lintas, Pengamanan dari personil Polsek Bunguran Timur dan beberapa tenaga medis/paramedis staf UPT Puskesmas Ranai.

(Humas_Pro//Lnms*Aries/Alex)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemkab Natuna Ambil Langkah Stabilkan Potensi Perikanan Untuk Dongkrak Sektor Industri Rumahan

Kondisi harga ikan dipasaran saat ini bersifat tidak menentu, tergantung cuaca dan ...