web site hit counter
Home / Natuna News / Kabupaten Natuna laksanakan Verifikasi Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020

Kabupaten Natuna laksanakan Verifikasi Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020

Tgl Rilis: Friday, 19 March 2021 | 13:32

(wartaKominfo) – Kamis, 18 Maret 2021, Kabupaten Natuna Melaksanakan verifikasi Anugrah Parahita Ekapraya 2020. Dalam Kegiatan Verifikasi APE 2020 yang dilakukan secara virtual tersebut diikuti langsung oleh Bupati Natuna beserta seluruh Kepala OPD Kabupaten Natuna.

Krisdiyanto mewakili Deputi Kementerian PPPA yang membuka acara verifikasi APE 2020, menyampaikan ” Dalam Verifikasi ini kami mengharapkan Bapak/Ibu dapat memberikan keterangan atau informasi tambahan untuk meyakinkan team verifikator bahwasanya kabupaten Natuna Menjadi salah satu kabupaten yang layak untuk menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya. Selanjut, kami ingin menyampaikan Apresiasi setinggi tinggi kepada seluruh pihak yang telah berkerja keras untuk menciptakan lingkungan yang responsif Gender”.

 

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal dalam sambutannya menyampaikan              “Pemerintah daerah sangat mendukung Implementasi Program pembangunan berbasis gender, keseriusan pemerintah Natuna diwujudkan dalam RPJMD Kabupaten Natuna 2016/2021. Selain itu pemerintah juga berusaha meningkatkan keterlibatan perempuan dalam pembangunan daerah, baik dibidang pendidikan, politik, sosial dan budaya”

Dalam kegiatan tersebut, Kabupaten Natuna melakukan Presentasi mengenai kegiatan serta bentuk inovasi yang dilakukan masing masing OPD, dalam hal ini penyampaian presentasi diwakili oleh Pimpinan POKJA Kabupaten Natuna yaitu Kepala BP3D, Moestafa. Dalam Presentasinya Moestafa menggaris bawahi ” RPJMD Kabupaten Natuna, fokus dalam mengakomodir isu – isu terkait pengarusutamaan Gender. Dimana setiap blue print dari inovasi masing masing OPD harus berkiblat pada Pembangunan berkeadilan Gender”. Presentasi dilanjutkan dengan penyampaian kegiatan oleh beberapa driver ( Pelaksana Teknis) yang disampaikan oleh masing masing OPD.

Rini Soerjono selaku verifikator mengaku sangat kagum dengan kegiatan serta inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Natuna. Hampir seluruh pertanyaan Verifikasi yang ingin ditanyakan terjawab dengan sangat baik melalui presentasi yang disampaikan. Pada kesempatan tersebut Rini Soerjono memberikan beberapa pertanyaan ke OPD terkait untuk memverifikasi substansi dari kegiatan yang dilakukan.

Diakhir proses verifikasi Rini Soerjono menyampaikan “kita harus menyeragamkan defisini dari resposif gender. Responsif gender bukan dominasi salah satu gender dalam sebuah kegiatan, namun bagaimana masing masing gender dapat mengambil bagian yang sama besar sehingga menciptakan sebuah kesetaraan perspektif Gender”. Tutupnya.

(Diskominfo/Patli)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Ikut Arahan Pusat, Pemda Natuna juga Larang Mudik.

(wartaKominfo) – Berdasarkan konferensi pers terkait larangan mudik oleh Menteri Perhubungan, pada ...