web site hit counter
Home / Natuna News / Konsultasi Publik Rencana Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI)

Konsultasi Publik Rencana Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI)

Tgl Rilis: Rabu, 25 September 2019 | 07:01

Kompleksitas system pemasaran ikan yang dihasilkan dari penangkapan akan membuat nilai jual yang diperoleh nelayan dan konsumen akhir sangat jauh berbeda, kesenjangan ini akan menimbulkan dampak negatif bagi perkembangan perekonomian pada bidang perikanan. Agar hasil pemanfaatan sumberdaya ikan oleh nelayan bisa lebih menjanjikan, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) harus dapat dikembangkan fungsinya dari pusat pelayanan menjadi pusat pemasaran.

Untuk itu, pengembangan fungsi ini akan melahirkan sebuah mata rantai pemasaran yang teguh dan menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi dalam menghadapi dan mengantisipasi perdagangan bebas yang bakal diterapkan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Izwar Asfawi dalam sambutannya ketika membuka secara resmi acara Konsultasi Publik Rencana Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dinas Perikanan Kabupaten Natuna Tahun 2019, bertempat di Aula Natuna Hotel Ranai Darat, Selasa(24/9) pagi.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah terkait, Ketua Koperasi Nelayan dan anggota pengepul usaha perikanan. Izwar berharap melalui kegiatan ini, dapat dikumpulkan informasi terutama terkait kondisi riil dilapangan, penyebab kesenjangan pendapatan antara para nelayan, penyalur, pemasok dan keseimbangan daya beli masyarakat tentunya.

Selanjutnya Ketua Penyelenggara sekaligus Kepala Dinas Perikanan, Zakimin Yusuf melaporkan bahwa tujuan kegiatan adalah untuk mengenali berbagai pemasaran, , tanggapan, harapan, kekhawatiran, kebutuhan dan sikap masyarakat terhadap rencana kegiatan yang akan dilakukan dilokasi rencana pengelolaan TPI. Adapun kegiatan akan diselenggarakan selama satu hari (24/09), dengan peserta yang hadir berjumlah 58 orang, terdiri dari Ketua Koperasi dan Anggota (49 orang), dan Pengepul/Usaha Perikanan (9 orang).

Sedangkan Narasumber yang dihadirkan untuk memberikan materi berasal dari Kepala Unit Pengelola SKPT Natuna, Parlinggoman Tampubolon, Kepala Seksi Tata Operasional dan Kesahbandaran Pelabuhan Perikanan Nusantara, Achmad Fauzie.(Hums_Pro/ Diana,Sri/Rizal)

RILIS PERS, Nomor : 965 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Prestasi Gemilang TP PKK Natuna Berkat Kepiawaian Nurhayati Hamid Rizal

Memang tidak bisa dipungkiri, semenjak dipimpin oleh Hj. Nurhayati Hamid Rizal, Tim ...