web site hit counter
Home / Natuna News / KPPAD Natuna Tangani 29 Kasus Yang Melibatkan Anak-Anak

KPPAD Natuna Tangani 29 Kasus Yang Melibatkan Anak-Anak

Tgl Rilis: Friday, 21 February 2020 | 13:11

(wartaKominfo) – Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Kabupaten Natuna, mencatat sepanjang 2019 ada setidaknya 29 kasus anak yang mereka tangani. Diantaranya adalah klaster anak yang berkonflik dengan hukum.

Komisioner KPPAD Natuna Divisi Sosialisasi dan Publikasi, Raja Peni mengungkapkan dari 29 kasus tersebut ada kasus pencabulan, sengketa pengasuhan, kekerasan fisik maupun psikologis pada anak kasus, persetubuhan, dan hak pendidikan.

“Perkembangan kasus anak yang ditangani oleh KPPAD sendiri di tahun 2019 mengalami peningkatan dari tahun 2018 yakni ada 29 kasus. 13 diantaranya berasal dari pengaduan masyarakat ke Kantor KPPAD untuk dicarikan solusi penyelesaiannya” ungkap Raja Peni, pada dialog interaktif Kopi Pagi edisi (21/02).

Menurut dia, sejatinya kasus anak di Natuna mungkin lebih dari angka tersebut. Angka yang ia paparkan hanya yang ditangani KPPAD Natuna saja. “Sisanya merupakan kasus-kasus dari Polres ataupun Polsek” sambung Raja Peni.

Ia menyayangkan peningkatan kasus yang terjadi dari tahun ke tahun. Diantaranya peningkatan kualitas kasus persetubuhan pada anak yang mencerminkan penurunan akhlak anak. “Yang sangat menyedihkan, kualitas kasus yang meningkat itu salah satunya adalah kasus persetubuhan pada anak. Jika tahun tahun sebelumnya anak adalah korban, pada tahun 2019 anak adalah pelaku kasus tersebut. Anak selaku korban sekaligus pelaku. Ini merupakan penurunan akhlak pada anak” ujar Raja Peni.

Raja Peni berharap kasus-kasus yang melibatkan anak sebagai korban maupun pelaku, haruslah menjadi perhatian semua orang. “Ini perlu menjadi perhatian kita semuanya. Perlu kesadaran dan peran dari orang tua juga masyarakat sekitar” ujar nya.

Mewakili KPPAD Kabupaten Natuna, Raja Peni mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya menjalankan tugas dan fungsi baik itu dalam pengawasan terhadap kasus anak, sosialisasi tentang hak anak atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan perlindungan anak dan juga sebagai upaya menurunkan tingkat kenakalan remaja.

Selain kasus-kasus diatas, anak-anak di Natuna juga kerap menjadi korban Bully. Berdasarkan data KPPAD Natuna, tercatat 10 Kasus Bullying pada anak di Natuna. 7 pada anak laki-laki dan 3 anak perempuan.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna Tekankan OPD Tetap Jalankan Tugas Pemerintahan

Meski ditengah kondisi mewabahnya Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19), Bupati Natuna Drs. ...