Home / Natuna News / ‘Menjadikan Natuna Taman Bumi Nasional’, Sudah Sampai Dimanakah?

‘Menjadikan Natuna Taman Bumi Nasional’, Sudah Sampai Dimanakah?

(WartaKominfo) – Natuna, sebagai wilayah yang terdiri dari 99% wilayah lautan dan 1% wilayah daratan yang dijuluki sebagai mutiara diujung utara ini, kini semakin dimantapkan untuk melangkah menunju Geopark Nasional bahkan masuk nominasi ke Global Geopark Network (GGN) of UNESCO.

Keseriusan pemerintah dalam memerjuangkan  Natuna menuju Geopark Nasional ini dibuktikan dengan diadakannya rapat koordinasi beberapa hari lalu dan juga diadakan Sosialisasi  Persiapan Pemerintah Daerah Untuk Mendukung Natuna Menjadi Geopark Nasional. Senin, (29/10/2018) di Aula Natuna Hotel, Ranai, Kabupaten Natuna.

Hadir sebagai Narasumber pada sosialisasi tersebut, Prof. Dr.H.Arief Rachman, Ketua Harian Komisi Nasional Geopark Indonesia untuk UNESCO, Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana, Ketua Pusat Peneliti Geopark dan Kebencanaan Geologi UNPAD, dan Dindin Wahyudin, Kepala Pusat BPPK Kemenlu.

Demi singkronisasi pencapaian beberapa target Natuna menuju Geopark Nasional, kerjasama dan koordinasi hendaknya dibangun lebih kuat bagi pihak-pihak yang berwenang juga keterlibatan masyarakat secara langsung karena manfaat penetapan Natuna sebagai Geoark Nasional adalah kesejahteraan masyarakat Natuna. Hal ini disampaikan oleh Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana dalam pemaparannya.

Dijelaskan olehnya, keberhasilan Geopark ini berdasarkan feedback berupa peningkatan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakatnya, jika dua hak tersebut tidak tercapai, maka geopark tersebut dinyatakan tidak berhasil.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Bupati Natuna, Hamid Rizal. Turut hadir, Wakil Bupati Natuna, Sekda Natuna, Ketua DPRD Natuna, Danlanud, Danlanal, Kapolres dan jajaran FKPD Kabupaten Natuna.

“Saya merasa bersyukur dan berterimakasih kepada Pusat Multilateral BPPK Kemenlu yang telah luar biasa memperhatikan Natuna ini, saya harap semua peserta serius mendengarkan pemaparan dari Narasumber pada hari ini, agar mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai Geopark ini” , tutur Hamid Rizal.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Dubes AS Himbau Natuna Fokus Lestarikan Lingkungan untuk Dukung Pengembangan Potensi Pariwisata

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr dalam rangkaian ...