web site hit counter
Home / Natuna News / Pembukaan Bimtek Penyusunan Kerjasama & MoU

Pembukaan Bimtek Penyusunan Kerjasama & MoU

Tgl Rilis: Monday, 26 July 2010 | 14:20

Dalam rangka optimalisasi segala potensi daerah guna mewujudkan kesejahteraan yang merata, pemerintah daerah harus menjalankan pembangunan secara terintegrasi dan melibatkan semua pihak, baik lintas departemen, lembaga bahkan dengan pihak ketiga (swasta). Hal ini tentunya karena pada pelaksanaan pembangunan, pemerintah memiliki segala keterbatasan yang sudah diatur dalam peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Namun dalam proses pelaksanaan kerjasama tentu harus ada koridor hokum dan mekanisme administrasi yang mampu mengakomodir segala kepentingan materi dan bidang kerjasama tersebut.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna, Drs. H. Raja Amirullah.Apt dalam sambutannya pada acara Pembukaan Bimbingan Teknis Penyusunan Kerjasama dan Memorandum Of Understanding (MoU), Senin (26/07) di ruang aula Natuna Hotel, Ranai.

Selanjutnya ditambahkan pula bahwa agar pelaksanaan kerjasama ini memberikan manfaat sebagaimana diharapkan bersama, tanggungjawab para stakeholder untuk menentukan langkah-langkah strategis, tentunya demi percepatan tujuan program kerja di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD. Selain daripada itu, pemerintah daerah juga bertanggungjawab untuk menyeleksi kriteria dan kompetensi dari pihak yang akan diajak untuk bekerjasama, hal ini dikarenakan sering terjadi suatu kegiatan kerjasama yang dilakukan dengan tidak menelusuri kemampuan dan status pihak ketiga yang tidak bertanggungjawab sehingga menimbulkan kerugian negara yang tidak sedikit.

Untuk itu, melalui kegiatan bimbingan teknis kali ini diharapkan mampu menciptakan aparatur yang memiliki wawasan serta ide strategis yang dapat diterapkan di SKPD dalam rangka meningkatkan produktifitas, efektifitas dan efisiensi dalam pencapaian tujuan program kerja yang dilaksanakan melalui bentuk kerjasama yang tepat dengan pihak yang tepat pula.

Lebih lanjut ditambahkan pula bahwa untuk membawa kemajuan dalam pembangunan daerah, yang dibutuhkan tidak hanya program kerja yang baik, bimbingan teknis dan pelatihan – pelatihan serta hal lain yang bersifat seremonial saja, melainkan niat dari setiap aparatur pemerintahan dan seluruh masyarakat yang terlibat dalam pembangunan untuk merubah pola pikir dan paradigma lama yang sudah tidak relevansi untuk diterapkan saat ini.

Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapkan kepada seluruh aparatur pemerintahan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna agar selalu menghargai dan mendisiplinkan diri dalam rangka meningkatkan kualitas dan kompetensi diri agar dimasa hadapan mampu bersaing dan memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan dan pencerahan pembangunan daerah. (Harsono)

Sumber bagian Umum Setda Kab. Natuna (27/07/2010)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna Hadiri Peringatan Hari Bersih Dunia di Geosite Geopark Wisata Batu Kasah

Kebersihan merupakan salah satu bentuk kepedulian baik terhadap diri sendiri, keluarga maupun ...