web site hit counter
Home / Natuna News / Optimalkan Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik, Diskominfo Sosialisasikan Perpres SPBE

Optimalkan Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik, Diskominfo Sosialisasikan Perpres SPBE

Tgl Rilis: Selasa, 23 Juli 2019 | 06:14

(wartaKominfo) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Natuna menggelar sosialisasi Perpres N0 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna , Selasa (23/07/2019).

Kegiatan yang dihadiri 100 peserta yang merupakan perwakilan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna itu bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, transparan dan akuntabel, serta meningkatkan efesiesi dan keterpaduan penyelenggaraan SPBE bagi perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.

Bupati Natuna, Hamid Rizal saat membuka acara menghimbau peserta yang hadir agar dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk menyimak dan menyerap ilmu yang akan disampaikan oleh narasumber. Selain itu, Hamid Rizal juga mengingatkan para OPD untuk mengimplementasikan SPBE tersebut dengan menghikangkan ego sektoral.

“Yang saya tangkap tentang Perpres No 95 tahun 2018 ini adalah, kita harus meninggalkan ego sektoral. Pelaksanaan SPBE ini selain menghemat biaya, juga memperlancar kerja, sinegritas antar OPD. Maka, dengan waktu terbatas ini kita bisa menyerap ilmu yang banyak ini” tutur Hamid.

Kemudian, Kadis Kominfo Kabupaten Natuna, Raja Darmika dalam sambutannya mengatakan, Perpres No 95 Tahun 2018 sangat jelas mengatur tentang penyelenggaraan Pemerintahan dalam pemanfaatan teknologi Informasi dalam bentuk layanan kepada masyarakat yang dalam hal ini pengguna SPBE.

“Perpers tentang SPBE ini lahir karena tuntutan zaman. Kita tahu bahwa sekarang adalah era digital. Kinerja pemerintahan juga tergantung dengan pemanfaatan teknologi dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat” kata Raja.

Raja juga mengatakan, kata kunci dari SPBE ini adalah integrasi. Menurutnya, beberapa aplikasi-aplikasi yang telah dikembangkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, belum terintegrasi secara menyeluruh.

Dengan adanya sosialisasi SPBE ini, Raja mengharapkan seluruh aplikasi yang telah dikembangkan oleh pemerintah pusat maupun daerah dapat terintegrasi secara menyeluruh.

Hadir sebagai Narasumber pada sosialisasi Perpres NO 95 Tahun 2018 tersebut, Direktur Layanan Aplikasi Informatika (APTIKA) Pemerintahan Kemenkominfo RI, Bambang Dwi Anggono, serta GM Strategic Business Unit Pekanbaru, PT Icon+, Widi Kritiawan. (Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Prestasi Gemilang TP PKK Natuna Berkat Kepiawaian Nurhayati Hamid Rizal

Memang tidak bisa dipungkiri, semenjak dipimpin oleh Hj. Nurhayati Hamid Rizal, Tim ...